-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Angin Kencang Sebabkan Pohon Besar Tumbang di Jalan Sui Belanga

13 Juni 2020 | 7:58 PM WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-13T13:33:42Z
Angin Kencang Sebabkan Pohon Besar Tumbang di Jalan Sui Belanga
Pohon tumbang menutupi Jalan Sui Belanga

MEMPAWAH NEWS- Cuaca ekstrim angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Mempawah, Sabtu (13/06/2020) sekitar pukul 17.30 WIB menyebabkan pohon besar tumbang di Jalan Sui Belanga KM 34, Desa Sungai Purun Besar, Kecamatan Segedong. Kejadian itu menyebabkan kemacetan lalu lintas lebih dari 3 kilometer.

Kepada mempawahnews.com, warga Sui Belanga, Eko menceritakan angin kencang yang menerjang wilayah itu terjadi sejak sore hari. Angin kencang disertai hujan deras menghantam lingkungan masyarakat. Angin kencang yang berlangsung hampir sejam itu menyebabkan pohon besar jenis akasia tumbang dan menutupi seluruh badan Jalan Sui Belanga.

“Diameter pohon yang tumbang kurang lebih 1,5 meter. Pohon tumbang juga menimpa jaringan kabel hingga menyebabkan pemadaman listrik,” tuturnya.
Eko memastikan tidak ada kendaraan yang tertimpa pohon tumbang. Hanya saja, batang pohon yang menutupi seluruh badan Jalan Sui Belangan menyebabkan kemacetan panjang. Kendaraan dari arah Sui Pinyuh maupun Pontianak tidak dapat melintas di lokasi pohon tumbang.

“Kemacetan kendaraan kurang lebih 3,5 km. Kemacetan terjadi dari dua arah, baik kendaraan yang datang dari arah Sui Pinyuh maupun Pontianak,” sebutnya.

Melihat kondisi itu, imbuh dia, warga setempat bergotong royong turun ke jalan. Berbekal mesin senso dan peralatan manual, warga memotong-motong dahan pohon agar kendaraan dapat melintas di lokasi tersebut.

“Warga bergotong royong memotong dahan pohon dengan mesin senso dan peralatan manual. Kurang lebih 45 menit, dahan pohon berhasil dibersihkan dari Jalan Sui Belanga dan kendaraan sudah mulai bisa melewati lokasi itu,” ujarnya.

Sementara itu, Pengendara Warga Mempawah, Nanik Sawitri yang melintas dilokasi itu membenarkan adanya pohon berukuran besar tumbang di tengah Jalan Sui Belanga. Pohon tumbang tersebut menyebabkan kemacetan panjang.
“Saya berkendara dari Kota Pontianak dan hendak pulang ke Mempawah. Sesampainya di Jalan Sui Belanga, terjadi kemacetan panjang. Karena, ada pohon berukuran besar tumbang menutupi badan jalan. Kurang lebih 45 menit saya terjebak kemacetan,” sebut Nanik.

Nanik memberikan pujian terhadap kesigapan warga Sui Belanga dalam mengevakuasi pohon tumbang. Warga beramai-ramai turun ke jalan memotong dahan pohon agar kendaraan bisa melintas di lokasi itu.

“Berkat kesigapan warga setempat, pohon tumbang berhasil dievakuasi dari badan jalan. Sehingga, kemacetan lalu lintas bisa diurai. Bentuk apresiasi kepada warga, para pengendara memberikan sejumlah uang sebagai ucapan terima kasih,” tukasnya.


Penulis : Herry
Layout : Syahrie

×
Berita Terbaru Update