-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Lantik DPC APDESI Sintang, Mahyus : Kades Harus Bersinergi dengan Pemda

23 November 2023 | 8:42 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-23T13:42:30Z

foto bersama usai pelantikan DPC APDESI Sintang

 

MEMPAWAH NEWS – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sintang resmi dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan dipimpin oleh Ketua DPD APDESI Kalbar, Mahyus, S.Pd.I, Kamis (23/11/2023) pagi di Aula Rumah Dinas Bupati Sintang.

 

Pelantikan turut dihadiri Bupati Sintang, Wakil Bupati Sintang, Sekda Pemkab Sintang, Ketua DPRD dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sintang, Ketua dan Anggota DPC APDESI Kabupaten Sintang, Kepala OPD Pemkab Sintang beserta Camat se-Kabupaten Sintang.

 

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sintang khususnya Bupati Sintang yang telah memberikan dukungan kepada APDESI. Kehadiran APDESI semata-mata untuk membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan program kerja pemerintah daerah di masyarakat,” tegas Mahyus.

 

Mahyus yang juga Kades Sungai Batang, Mempawah itu menyebut perjuangan Kades belum selesai. Hari ini, ungkap dia, APDESI sedang menggelar aksi damai di Senayan untuk memperjuangkan 13 tuntutan Kades.

 

“Salah satu tuntutan yang kita perjuangkan adalah kenaikan dana desa sebesar Rp 5 miliar. Karena, dana desa sebesar Rp 1 miliar sudah tidak relevan dengan harga barang yang  terus mengalami kenaikan,” sebutnya.

 

Menurut Mahyus, apabila tuntutan dana desa sebesar Rp 5 miliar dikabulkan maka para Kades diyakini bisa lebih maksimal dalam membangun desa. Termasuk Kades bisa menyalurkan program sosial yang tidak lagi ditangani oleh Kemensos RI.

 

“Selama ini banyak penyaluran bansos tidak tepat sasaran lantaran data yang dihimpun Kemensos tidak bisa diubah oleh desa,” ujarnya.

 

Tuntutan lainnya, lanjut Mahyus, kenaikan gaji Kades dan perangkat desa. Karena, masih banyak Kades yang menerima gaji sebesar Rp 1,8 juta per bulan dan dibayarkan per 3 bulan bahkan lebih. Sedangkan gaji perangkat desa masih ditemukan senilai Rp 800 ribu per bulan.

 

“Saya mengajak para Kades di Sintang untuk bersinergi dengan pemerintah daerah. Karena, kita ini pejuang tenaga kontrak pemerintah daerah untuk mensukseskan program kerja pemerintah daerah,” serunya.

 

“Jalin hubungan yang baik dengan Bupati beserta jajaran pemerintah daerah, Forkopimda dan lainnya. Karena untuk membangun desa dibutuhkan kerjasama dan dukungan semua pihak mulai dari level paling bawah hingga atas,” tutupnya

 

 

 

×
Berita Terbaru Update