-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Dramatis Penyelamatan Pengendara Sepeda Motor Terjebak Jembatan Gantung Putus di Segedong

10 November 2022 | 9:17 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-10T02:17:58Z
evakuasi korban dan kendaraannya menggunakan perahu/foto : Istimewa

MEMPAWAH NEWS – Satu pengendara sepeda motor terjebak saat jembatan gantung penghubung Desa Peniti Besar dan Peniti Dalam I, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah putus, Rabu (9/11/2022) sekitar pukul 16.50 WIB. Penyelamatan terhadap korban dan sepeda motornya berlangsung dramatis.

 

Peristiwa putusnya jembatan gantung yang membentang diatas Sungai Segedong dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 1,5 meter itu mengejutkan masyarakat. Terlebih, ketika peristiwa itu terjadi ada satu pengendara sepeda motor terjebak di badan jembatan. Beruntung korban dan kendaraan masih tertahan di besi jembatan hingga tak tercebur ke sungai.

 

Evakuasi berlangsung dramatis. Dengan menggunakan perahu, warga mendatangi TKP untuk menyelamatkan korban yang berpegangan pada besi jembatan agar tak terjun ke sungai. Sementara sepeda motor korban tampak miring tertahan pagar jembatan gantung. Setelah beberapa saat, korban dan sepeda motor berhasil dievakuasi ke daratan.

 

“Sebenarnya sudah ada dipasang plang jembatan hanya untuk pejalan kaki. Mengingat, kondisi jembatan yang sudah tua sehingga beresiko jika dilalui kendaraan,” kata warga setempat, Juniek Can.

 

Juniek yang juga Ketua I Badan Pemadam Kebakaran Segedong (BPKS) itu mengungkapkan, belakangan ini jembatan gantung kerap dilalui kendaraan sepeda motor lantaran akses utama jembatan besar di sekitar Pasar Segedong sedang dilakukan pekerjaan perbaikan.

 

“Selama ini, jembatan gantung hanya untuk pejalan kaki, bukan untuk kendaraan. Namun, berhubung jembatan utama sedang dalam perbaikan maka pengendara sepeda motor melewati jembatan gantung untuk mempercepat jarak tempuh,” tuturnya.

 

Akibatnya fatal, baut penarik jembatan gantung putus lantaran tak mampu menahan beban kendaraan yang melintas diatasnya. Hingga pagi (Kamis) ini, akses jembatan gantung tak dapat dipergunakan masyarakat. Sebagian badan jembatan terjuntai ke sungai.

 

“Informasinya akan turun petugas dari Pemkab Mempawah untuk melihat kondisi jembatan. Kita berharap pemerintah daerah segera melakukan perbaikan jembatan agar lebih kokoh dan aman untuk lalu lintas masyarakat,” harapnya.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

 

×
Berita Terbaru Update