-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Siap Memimpin DAD Kabupaten Mempawah, Adrianus : Lebih Transparan, Kredibel dan Akuntabel

25 September 2022 | 8:05 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-25T01:05:17Z
Adrianus menyerahkan berkas pendaftaran sebagagi Calon Ketua DAD Kabupaten Mempawah/Istimewa

MEMPAWAH NEWS – Bursa pemilihan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mempawah bakal berlangsung seru. Sejumlah nama bersaing untuk memimpin organisasi adat masyarakat Dayak itu. Salah satunya, Adrianus,S.Pd.,M.Pd yang secara resmi telah mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua DAD utusan DAD Sungai Pinyuh.

 

Saat mendaftar, Adrianus yang juga Ketua Ikatan Pemuda Dayak Kabupaten Mempawah (IPDKM) itu turut didampingi Ketua DAD Sungai Pinyuh, Maran, Ketua Bidang Politik Pemuda Dayak Kalbar (PDKB), Kristian Wahyu Sutrisno, Ketua Bidang Hukum dan HAM PDKB, Erik Pabio, Bidang Kesekretariatan Adrianus Sinol, serta Ketua Bidang Sumber Daya Alam, Marselus,S.Pd.

 

Adrianus menjelaskan, pencalonannya dalam bursa pemilihan Ketua DAD Kabupaten Mempawah dilandaskan atas niat untuk melakukan perubahan pada organisasi DAD agar dapat menaungi masyarakat adat Dayak mempertahankan adat istiadat setempat.

 

"Sesuai kemampuan dan latas akademisi, maka saya berniat melakukan perubahan di bidang administrasi yakni dengan menertibkan administrasi organisasi, mendokumentasikan program, dan menginventarisir hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat adat Dayak berbasis Teknologi. Jadi, lebih Transparan, Kredibel dan Akuntabel,” tegas Adrianus, Minggu (25/9/2022) di Mempawah.

 

Disamping itu, Adrianus menyebut pencalonannya dilandasi keinginan untuk memberikan edukasi kepada pemuda Dayak agar lebih berani tampil, bertarung dalam setiap lini, baik di bidang politik termasuk di dalam pemilihan ketua DAD di wilayahnya masing masing.

 

“Saya juga ingin menunjukkan kepada para pemuda Dayak supaya jangan takut berkompetisi, bertarung. Jika sudah sesuai dengan aturan yang ada, daftar saja dan ikut berkompetisi. Masalah dipilih atau tidak, jangan dipermasalahkan. Asal, sudah dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku," sebutnya.

 

Sebagai salah satu pengurus inti Pemuda Dayak Kalimantan Barat yakni menempati posisi Wakil Ketua Umum, Adrianus mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Bidang Politik, Kristian. Menurut Kristian, sosok Adrianus merupakan aset pemuda dalam pengembangan kemampuan masyarakat adat Dayak di Kabupaten Mempawah.

 

“Kemampuan beliau (Adrianus) dalam berorganisasi tak perlu diragukan lagi. Beliau mampu memberikan perubahan, pembaharuan yang lebih baik. Jadi, ini merupakan agenda besar kami di bidang politik," ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua DAD Kabupaten Mempawah, Patrisius, M.Pd menyakini pelaksaaan Musyawarah Adat diagendakan berlangsung pada 29 September 2022.

 

“Untuk pelaksanaan ditetapkan pada 29 September 2022. Sedangkan lokasi atau tempatnya masih dibicarakan. Pilihannya antara Rumah Adat Toho atau BLPP Anjungan. Hari Senin, kami rapat bersama Ketua DAD Kecamatan se-Kabupaten Mempawah," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update