-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


‘Kuburan’ Mobil Ambulance di Halaman Eks Poskesdes Mempawah

12 Juni 2023 | 8:04 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-12T07:04:27Z
sejumlah unit mobil ambulance terparkir di halaman eks gedung poskesdes mempawah


Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Sedikitnya delapan unit mobil ambulance terparkir di halaman Eks Gedung Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Jalan M Thaha, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir. Melihat kondisinya yang tak terurus dan tertimbun semak belukar, tak heran sebagian warga menyebutnya sebagai ‘kuburan’ ambulance.

 

Eks bangunan Poskesdes tersebut duluny, lebih dikenal masyarakat sebagai Puskesmas Mempawah Hilir. Namun, berdasarkan plang pemberitahuan yang dipasang Pemerintah Kabupaten Mempawah menyebutkan status bangunan tersebut sebagai Poskesdes Mengkacak yang berdiri diatas lahan seluas 2.274 meter persegi.

 

Bangunan tersebut mulai tak difungsikan ketika Pemerintah Kabupaten Mempawah membuat kebijakan pembangunan gedung puskesmas baru yang lebih refresentatif di Jalan Raden Kusno, Kota Mempawah.

 

Sejak pembangunan Puskesmas Mempawah Hilir diresmikan, maka seluruh aktivitas pelayanan kesehatan dipindahkan. Hingga akhirnya, bangunan eks Poskesdes tersebut tak mendapatkan perawatan dan terbengkalai.

 

“Kondisi ini sangat kita sayangkan. Karena, bagaimana pun bangunan dan mobil-mobil ambulance tersebut merupakan aset milik daerah yang harusnya bisa dimanfaatkan dengan baik,” pendapat Marsupandi, warga Kota Mempawah, Minggu (11/6/2023) pagi.

 

Menurut Marsupandi, harusnya bangunan eks Poskesdes atau eks Puskesmas Mempawah Hilir itu dapat dialihfungsikan untuk kepentingan lainnya. Sehingga, keberadaan bangunan itu tetap terjaga dan terawat dengan baik.

 

“Kalaupun digunakan untuk gudang, harusnya tetap dirawat dan diperhatikan oleh instansi terkait. Supaya, bangunan itu tidak kumuh dan terbengkalai,” ujarnya.

 

Tak hanya menyayangkan kondisi bangunan yang kumuh dan terbengkali, Marsupandi juga menyorot keberadaan mobil-mobil ambulance yang terparkir di halaman bangunan Poskesdes Mengkacak.

 

“Ada 8 unit mobil ambulance di halaman eks bangunan Puskesmas Mempawah Hilir ini sudah seperti ‘kuburan’. Kondisinya sudah rusak parah dan sebagian besar onderdil ambulance hilang. Tepatnya sudah menjadi bangkai mobil,” tandasnya.

 

×
Berita Terbaru Update