-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Pengrajin Batu di Mempawah Diberikan Pelatihan

25 Maret 2015 | 8:20 AM WIB | 0 Views Last Updated 2015-03-25T01:20:04Z

Pengrajin Batu sedang mengasah Batu Akik
Mempawah News-Merespons fenomena batu mulia, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar pelatihan industri kerajinan batu mulia. Mengambil tempat di Wisma Chandramidi Mempawah, pelatihan yang diikuti 20 perajin batu tersebut akan berlangsung selama empat hari sejak tanggal 23-26 Maret 2015.
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, Pertambangan dan Energi Kabupaten Mempawah, Darwin mengatakan, pihaknya menangkap potensi dari munculnya minat masyarakat terhadap ragam batu mulia seperti akik, kecubung, rubi, safir, zamrud dan lainnya yang belakangan ini semakin marak digemari seluruh kalangan.

“Kita melihat kondisi ini sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan jika ditekuni dengan keahlian yang memadai. Makanya, kami berinisiatif memberikan pelatihan kepada pengrajin batu mulia di Kabupaten Mempawah. Supaya para pengrajin ini lebih kreatif dan menghasilkan karya seni yang indah serta bernilai tinggi,” kata Darwin, Selasa (24/3).

Materi yang disampaikan, ungkap Darwin, terkait pengetahuan potensi dan prospek batu mulia, jenis-jenis batu mulia yang ada di Indonesia hingga proses maupun teknik pengolahan batu mulia itu sendiri.

“Melalui pelatihan diharapkan dapat menjadi angin segar sekaligus motivasi bagi perajin batu mulia di Kabupaten Mempawah. Yang pada akhirnya akan berdampak terhadap pengembangan usaha dan kesejahteraan pengrajin batu semakin baik dan terangkat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan pelatihan, Irnawati menerangkan, pelatihan yang dilaksanakan pihaknya merupakan respons dari aspirasi para perajin batu pada pameran batu mulia di Kota Mempawah, akhir bulan lalu. Para perajin, meminta agar pemerintah daerah memberikan pelatihan khusus demi meningkatkan keterampilan perajin dalam mengolah batu mulia.

“Materi yang diberikan berkenaan dengan proses geologi pembentukan batu mulia, jenis-jenis batu mulia, pengenalan alat pengolahan batuan mulia, dan tahapan pengerjaan pengolahan seperti memotong, merapikan, menghaluskan, dan mengilatkan batu,” singkatnya.(MNews)
×
Berita Terbaru Update