-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Ratusan Peserta Meriahkan Festival Tanglong ke-IX di Kuala Mempawah

04 April 2024 | 8:57 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-04T01:57:41Z

peserta festival tanglong mengikuti pawai arak-arakan

 

MEMPAWAH NEWS – Festival Tanglong ke-IX tahun 1445 H di Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur berlangsung meriah. Ratusan peserta berpartisipasi dalam festival yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Mempawah, Raja Fajar Azansyah, SE, M.A.P, Rabu 3 April 2024 malam di Taman Kuala Mempawah.

 

Tak kurang dari 700 peserta ambil bagian dalam festival tanglong yang diselenggarakan oleh Pemuda Kreaif Kuala Mempawah itu. Tiap peserta membawa beragam ornamen tanglong yang tampak indah dan menarik.

 

Memulai start dari Taman Kuala Mempawah, peserta festival berjalan kaki melewati Jalan Daeng Manambon, kemudian berbelok ke Jalan Bardannadi, lalu masuk ke Jalan Karya, Jalan Beringin dan finish kembali ke Taman Kuala Mempawah.

 

Setiap ruas jalan yang dilewati peserta mendapatkan pengamanan dan penjagaan ketat dari aparat keamanan dari Anggota TNI/Polri, Polsek Mempawah Timur, Dishub hingga Sat Pol PP Pemkab Mempawah.

 

“Ada banyak tradisi dikalangan umat Islam dalam rangka mensyukuri dan memeriahkan malam likuran atau malam lailatul qadar. Satu diantaranya tradisi keriang bandong atau tanglong. Kita bersyukur tradisi budaya umat Islam ini tetap ada dan terus dilestarikan masyarakat Kabupaten Mempawah,” ucap Raja Fajar Azansyah membacakan sambutan tertulis Bupati Mempawah.

 

Menurut Fajar, menjadi tugas dan kewajiban bersama baik masyarakat maupun pemerintah daerah untuk melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan objek pemajuan tradisi budaya di Kabupaten Mempawah.

 

“Bukan sesuatu yang mudah, ketika melaksanakan festival tradisi budaya seperti festival tanglong ini. Apa lagi festival ini sudah berlangsung selama 9 tahun. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Mempawah mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaranya festival tanglong tahun 2024 ini,” tuturnya.

 

Fajar mengakui saat ini pemerintah daerah belum dapat maksimal membantu pendanaan kegiatan Festival Tanglong. Namun, kedepan dia berharap instansi terkait dapat memberikan fasilitas terbaik untuk mendukung suksesnya Festival Tanglong di Kabupaten Mempawah.

 

“Semoga kedepan, Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dapat mengakomodir atau memfasilitasi kegiatan Festival Tanglong melalui APBD TA 2025,” pungkasnya.

 

Pembukaan Festival Tanglong ke-IX turut disaksikan Dandim 1201/MPh Letkol Inf. Benu Supriantoko, Kapolsek Mempawah Timur IPTU Andrianto, SH, MH, Camat Mempawah Timur Raden Agus Isnanto, SH, Lurah, Kepala Desa dan elemen masyarakat di Kecamatan Mempawah Timur.

 

×
Berita Terbaru Update