-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Jelang Idul Fitri, Harga Telur di Sungai Pinyuh Rp 34 Ribu Per Kg

27 Maret 2024 | 11:27 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-27T04:27:07Z

Aktivitas pedagang telur di Pasar Sungai Pinyuh

 

MEMPAWAH NEWS – Sekitar dua pekan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H, harga komoditi telur di Pasar Sungai Pinyuh Rp 34 ribu per kg. Menurut pedagang, kenaikan harga telur sudah berlangsung sejak tiga pekan lalu.

 

“Untuk harga telur, saat ini dijual Rp 34 ribu per kg. Harga tersebut sudah naik sejak tiga minggu lalu,” terang Amoy, pedagang telur di Pasar Sungai Pinyuh, Rabu 27 Mret 2024.

 

Menurut pemilik Toko Amoy itu, kenaikan telur berlangsung secara bertahap sejak beberapa waktu lalu. Dimulai dari harga Rp 28 ribu hingga akhirnya mencapai Rp 34 ribu per kg.

 

“Naiknya step by step, jadi tidak spontan langsung naik Rp 34 ribu. Dan kenaikan harga telur itu berdasarkan keputusan dari Persatuan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar),” pendapatnya.

 

Dikatakan Amoy, pedagang tidak bisa serta merta menaikan harga jual telur. Melainan sudah menjadi kebijakan dari Pinsar. Jika Pinsar mengumumkan kenaikan maka para pedagang akan menaikan harga sesuai ketentuannya.

 

“Kenaikan ini bukan dari pedagang, tapi sudah ditetapkan oleh Pinsar. Mereka yang menentukan naik atau turunnya harga telur,” tegas dia.

 

Lebih jauh, Amoy menyebut kenaikan harga telur disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya berkurangnya produksi telur sehingga menyebabkan pasokan telur ke pasar-pasar berkurang.

 

“Faktor lainnya dipicau kenaikan harga pakan ayam. Jika harga pakan naik pasti berimbas terhadap harga jual telur ayam,” sebutnya.

 

Terkait kenaikan harga telur menjelang Idul Fitri nanti, Amoy belum dapat memastikannya. Sebab, dia mengatakan masalah harga sudah ditentukn oleh Pinsar.

 

“Kita tidak bisa pastikan apakah harga telur akan naik atau tidak pada lebaran nanti. Semuanya tergantung dari keputusan Pinsar. Kita hanya menunggu pengumuman saja,” pungkasnya.

 

×
Berita Terbaru Update