-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Sultan Pontianak Hadiri Ziarah Akbar Leluhur Silat Melayu Pukol Tujoh di Sungai Pinyuh

25 Februari 2024 | 5:55 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-26T09:02:58Z

Sultan Pontianak saat melakukan ziarah ke makam leluhur silat melayu pukol tujoh di Sungai Pinyuh

 

MEMPAWAH NEWS – Keluarga besar Silat Melayu Pukol Tujoh Kalimantan Barat menggelar ziarah akbar, Minggu 25 Februari 2024. Salah satu lokasi ziarah di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah. Turut dihadir, Sultan Pontianak, Syarif Melvin Alqadri.

 

“Saya pribadi mendukung ziarah akbar ini. Karena, sudah menjadi tugas kita untuk mengenang dan mendoakan para leluhur dengan berziarah dan memanjatkan doa yang terbaik,” ucap Melvin dalam sambutannya.

 

Menurut Melvin yang juga kandidat kuat Senator Provinsi Kalbar itu, para leluhur merupakan penggagas yang melahirkan identitas dan jati diri masyarakat. Karena itu, dimanapun makam leluhur berada mesti dikunjungi.

 

“Dimanapun keberadaannya (makam), para leluhur harus kita ziarahi untuk merawat, menjaga dan memelihara makamnya serta memanjatkan doa,” ujarnya.

 

Kedepan, Melvin berharap kegiatan ziarah akbar leluhur silat pukol tujoh dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan. Bahkan, dia berharap agar ziarah akbar tersebut dapat dikemas dengan konsep yang lebih baik agar semakin banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi.

 

“Ziarah akbar ini harus terus kita pertahankan dan dikemas lebih besar lagi. Kita bisa berkoordinasi dengan Camat dan jajaran untuk melaksanakan kegiatan yang lebih akbar kedepannya,” harap dia.

 

Sementara itu, Guru Utama Silat Melayu Pukol Tujoh Kalbar, Wak Long Mat Boceng menjelaskan kegiatan ziarah akbar tersebut telah memasuki tahun ke-3. Ziarah akbar dilaksanakan di sejumlah lokasi.

 

“Rangkaian ziarah akbar ini kita mulai dengan berzirah ke makam Pak Itam Napes di Parit Mayor. Setelah itu, kita menuju ke makam Tok Ngah Ayob di Desa Sungai Purun Kecil dan lanjut ke Desa Sungai Rasau,” terangnya.

 

Lalu, sambung Wak Long Mat Boceng, ziarah akbar ditutup dengan berziarah ke Pemakaman Muslim di Kelurahan Sungai Pinyuh untuk berziarah ke makam almarhum Tok Cik Mat Yasin.

 

“Almarhum Tok Cik Mat Yasin ini merupakan penggagas silat tujoh di Kalbar. Beliau orang pertama yang melahirkan silat tujoh di Kalbar. Penyebutannya macam-macam ada yang mengatakan silat tujoh, atau  pukol tujoh dan lainnya. Namun, pada intinya sama,” tegas dia.

×
Berita Terbaru Update