-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Komisi II DPRD Mempawah Sebut Petani Kekurangan Pupuk Subsidi

19 Januari 2023 | 3:57 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-19T08:57:23Z
Darwis Simorangkir

MEMPAWAH NEWS – Ketua Komisi II DPRD Mempawah, Darwis Simorangkir mengungkapkan keluhan petani terkait kekurangan kuota pupuk subsidi. Legislator Partai Hanura itu mendorong agar Pemerintah Kabupaten Mempawah mengajukan kuota pupuk subsidi tambahan kepada pemerintah pusat.

 

“Banyak petani mengeluhkan minimnya kuota pupuk subsidi yang mereka terima di tahun 2023 ini. Jumlah lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Darwis Simorangkir kepada mempawahnews.com, Kamis (19/1/2023) siang di Mempawah.

 

Darwis mengungkapkan kuota pupuk subsidi untuk petani di Kabupaten Mempawah pada tahun 2023 ini hanya berkisar 1.940 ton. Sementara, kebutuhan pupuk subsidi bagi petani berkisar antara 3.000-4.000 ton per tahun.

 

“Penambahan kuota pupuk subsidi ini bisa diusulkan atau diajukan oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait dipertengahan tahun 2023 nanti,” sarannya.

 

Menurut Darwis, pupuk subsidi sangat penting dan dibutuhkan para petani. Mengingat, pupuk menjadi elemen penting dalam mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian.

 

“Jika tidak ada tambahan kuota pupuk subsidi, banyak petani yang enggan menanam padi. Karena, mereka tidak mampu jika harus membeli pupuk non subsidi dengan harga berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per karung,” sesalnya.

 

Dengan kuota pupuk subsidi yang ada saat ini, dikatakan Darwis, hanya mampu memenuhi kebutuhan untuk satu musim tanam saja. Sementara petani di Kabupaten Mempawah biasanya melakukan 2-3 kali musim tanam dalam satu tahun.

 

“Kita mendorong agar Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan perhatian serius terhadap persoalan pupuk subsidi ini. Dan kita minta secepatnya ada solusi konkrit untuk memenuhi kuota pupuk subsidi yang diperlukan petani,” tukasnya.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

×
Berita Terbaru Update