-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Kenang Insiden 894 Korban Jiwa Petugas Pemilu 2019, AHY : Jangan Terulang Lagi

13 Januari 2023 | 12:42 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-13T05:42:49Z
AHY saat menggelar konfrensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berharap KPU dan Bawaslu bekerja dengan baik, supaya insiden jatuhnya korban jiwa di kalangan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2019 tidak terulang lagi di Pemilu 2024 nanti.

 

“Bangsa Indonesia perlu belajar dari pengalaman Pemilu 2019 yang telah memakan korban jiwa di pihak penyelenggara Pemilu sebanyak 894 petugas meninggal dunia, dan 5.175 korban sakit. Insiden ini terjadi akibat kelelahan dan beban kerja yang berlebihan,” ungkap AHY dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

 

Mengantisipasi kejadian serupa, AHY berharap KPU dan Baswalu dapat mencari cara agar tidak ada lagi korban alias ‘zero incident’ di kalangan PPS pada Pemilu 2024 mendatang.

 

“Maka sejak awal harus diantisipasi agar tidak ada lagi korban jiwa dari kalangan petugas penyelenggara,” harapnya.

 

Memasuki tahun politik, Partai Demokrat mengingatkan Penyeleggara Pemilu, Aparat Keamanan, Aparat Penegak Hukum, Pejabat Kepala Daerah hingga ASN tetap profesional, netral, tidak terlibat politik praktis dan jangan berpihak.

 

“Kami minta dan mengingatkan semua pihak agar bekerja dengan sikap profesional dan penuh tanggungjawab,” tegasnya.

 

Pernyataan AHY tersebut disampaikan setelah Rapat Pleno Pengurus DPP Partai Demokrat di awal tahun 2023 yang merupakan konsolidasi partai di tingkat pusat. Rapat tersebut membahas evaluasi program kerja Partai Demokrat 2022 dan rencana kerja 2023 termasuk mengupas peluang dan tantangan situasi politik hingga persoalan ekonomi nasional dimasa mendatang.

 

 

 

 

 

 

Rilis : Herzaky Mahendra Putra (Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Jubir DPP Partai Demokrat)

×
Berita Terbaru Update