-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Heboh, Buaya Kuning Sungai Mempawah Ditangkap

28 Desember 2022 | 11:01 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T04:01:26Z
penampakan buaya kuning yang berhasil ditangkap petugas dan warga Mempawah

MEMPAWAH NEWS – Warga Jalan Adiwijaya, Desa Antibar, Kota Mempawah dihebohkan dengan kemunculan buaya kuning berukuran kurang lebih tiga meter, Rabu (28/12/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. Buaya yang diperkirakan terbawa banjir itu berhasil ditangkap warga dan petugas BPBD Mempawah.

 

Sub Koordinator Kedaruratan dan logistik BPBD, Mulyadi, SE, MM menjelaskan, penangkapan hewan reptil tersebut bermula dari laporan masyarakat yang melihat kemunculan seekor buaya di sebuah parit dangkal di tepi Jalan Adiwijaya, Desa Antibar.

 

“Pertama kali dilihat oleh pedagang ayam yang berjualan di Jalan Adiwijaya. Dia melihat buaya muncul di parit dipinggir jalan. Lalu, informasi tersebut disampaikan kepada BPBD,” tuturnya.

 

Menindaklanjuti laporan tersebut, Mulyadi memastikan pihaknya bergerak cepat turun ke TKP. Setibanya di lokasi, petugas dibantu warga langsung memburu buaya dengan menggunakan perahu karet dan peralatan manual.

 

“Kita buru dengan perahu karet dan dibantu warga dengan mengepung area parit agar buaya tidak lari ke sungai,” ujarnya.

 

Mulyadi menyebut butuh waktu kurang lebih satu jam sebelum akhirnya buaya berhasil ditangkap oleh petugas dan warga. Kemudian, buaya dibawa ke rumah warga untuk diamankan.

 

“Sementara waktu ini, buaya dibawa ke salah satu rumah warga di Desa Antibar yang cukup faham dengan penanganan buaya,” tuturnya.

 

Lebih jauh, Mulyadi mengaku BPBD masih akan berkoordinasi dan bermusyawarah dengan pihak terkait lainnya untuk menindaklanjuti penangkapan buaya yang sempat menghebohkan warga Mempawah itu.

 

“Kita akan musyawarah dulu dengan pihak desa dan lainnya. Apakah buaya ini akan diserahkan ke BKSDA Kalbar atau ada alternatif lain,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update