-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



FGD Listrik Tenaga Nuklir di Mempawah, BATAN : Harus Memenuhi 18 Aspek

12 Juni 2021 | 11:36 AM WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-12T04:36:53Z
ilustrasi PLTN/internet

MEMPAWAH NEWS – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Pantai Gosong, Kabupaten Bengkayang. Mengantisipasi dampak pembangunan itu, Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) bersama KNPI menggelar Focus Discussion Grup (FGD), Kamis (10/6) di Mempawah.

 

Peneliti BATAN, Mujiono menjelaskan, mereka diminta Gubernur Kalbar untuk menyiapkan atau menganalisa lokasi yang paling strategis untuk mendukung rencana pembangunan PLN di Provinsi Kalbar.

 

“Analisa sementara, ada 2 lokasi di Kabupaten Bengkayang yang sangat cocok dan tepat untuk mendukung realisasi PLTN. Yakni di Pantai Gosong,” ungkap Mujiono.

 

Namun, imbuh Mujiono, hal itu masih pra studi dari sebagai penilitian yang dilakukan BATAN bekerjasama pihak terkait lainnya. Sebab, masih harus melakukan analisa dan studi hingga beberapa tahun kedepan sebelum memutuskan lokasi PLTN di Kalbar.

 

“Statusnya masih pra studi, sampai nanti dipastikan lokasi tersebut memenuhi 18 aspek pembangunan PLTN sebagaimana telah ditetapkan,” tegasnya.

 

18 aspek dimaksud, ungkap Mujiono seperti keberadaan gunung api aktif. Kemudian, aspek lahan gambut, tofografi yang kaitannya dengan tata penduduk, aspek kegempaan, meteorologi, tata guna lahan, bioteknik, partisipasi nasional, finansial dan lainnya.

 

“Harus memenuhi 18 aspek ini. Jika terpenuhi barulah bisa ditentukan daerah itu layak atau tidak. Dalam hal ini, BATAN hanya memastikan calon lokasi PLTN. Sedangkan pembangunannya dikerjakan oleh pemerintah,” tuturnya.

 

Lebih jauh, Mujiono mengatakan, keberadaan PLTN memberikan dampak positif dan negatif. Tidak hanya bagi masyarakat di lokasi PLTN saja melainkan juga warga di daerah sekitar seperti Mempawah maupun Singkawang.

 

“Jarak dari Pantai Gosong ke Kota Mempawah bisa dikatakan cukup dekat. Sehingga semua stakholder yang berkaitan dengan dampaknya perlu mendapatkan pemahaman dan tahu tentang lokasi rencana pembangunan PLTN. Agar diketahui dampak positif dan negatifnya,” pendapat dia.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update