-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Ditahan PDRM, Dua Remaja Asal Sui Pinyuh Berhasil Dipulangkan

26 September 2020 | 2:48 PM WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-26T07:48:48Z
Ditahan PDRM, Dua Remaja Asal Sui Pinyuh Berhasil Dipulangkan
Pengurus SBMI Kabupaten Mempawah saat menjemput 2 BMI 

MEMPAWAH NEWS- Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Mempawah bekerjasama dengan BP2MI Pontianak berhasil memulangkan dua remaja asal Kecamatan Sungai Pinyuh. Keduanya sempat di tahan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) sejak 13 Agustus 2020.

Sekretaris SBMI Kabupaten Mempawah, Juliana mengungkapkan, dua Buruh Migran Indonesia (BMI) yang berhasil dipulangkannya bernama Delvano Alwin dan Frederikus Sony Putra. Remaja dibawah umur ini kelahiran Sungai Pinyuh.

“Kedua anak ini diserahkan oleh Kasi Perlindungan BP2MI Pontianak kepada kami pada Sabtu (26/09/2020) sekitar pukul 01.00 dini hari,” terang Juliana.

Juliana mengungkapkan, dua BMI ini ditangkap dan ditahan oleh PDRM sejak tanggal 13 Agutus 2020 lalu di wilayah Serian, Malaysia. Mereka ditangkap bersama 20 BMI lainnya oleh Tim Gerakan Umum Serawak.

“Mereka berjalan kaki dari daerah Balaikarangan kurang lebih 1,5 jam melewati jalan tikus salah satu ladang sawit. Ketika masuk di wilayah Malaysia, mereka disergap petugas. Dan ketika diperiksa, mereka tidak dapat menunjukan dokumen resmi layaknya pekerja migran prosedural,” tuturnya.

Melalui kuasa pelapor, lanjut Juliana, SBMi Kabupaten Mempawah menyurati BP2MI Pontianak dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching. Pihak terkait merespon cepat dan menindaklanjuti surat tersebut sebagaimana mestinya.

“Setelah melalui prosesnya, kedua BMI asal Sungai Pinyuh ini dapat dipulangkan ke tanah air. sementara rekan mereka lainnya masih menjalani proses penahanan di emigrasen Malaysia menunggu keputusan Mahkamah,” ujarnya. 

Atas keberhasilan tersebut, Juliana mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BP2 MI Pontianak, BP2MI Entikong dan Konsulat Jenderal RI Kuching serta kerja tim relawan SBMI dilapangan. Berkat kerjasama yang baik hingga pemulangan dua BMI berjalan lancar.

“Terima kasih juga kepada  Dinas Sosial Pemprov Kalbar yang selama ini berkomitmen membantu dan memfasilitasi pemulangan para BMI yang tersandung masalah hukum,” tukasnya.


Penulis : Herry
Grafis : Syahrie

×
Berita Terbaru Update