-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Perindagnaker Mempawah Ungkap Harga Enam Jenis Komoditi Naik di Bulan Maret

01 April 2024 | 2:06 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-02T03:17:53Z

Aktivitas pedagang sayur di Kecamatan Sungai Pinyuh

 

MEMPAWAH NEWS – Kepala Bidang Perdagagan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) Mempawah, Hendri Kurniawan mengungkapkan terdapat enam komoditi yang harga jualnya lebih tinggi pada bulan Maret, dibandingkan bulan sebelumnya.

 

“Jadi, kita melakukan perbandingan harga komoditi tiap bulan untuk mengontrol kenaikan atau  penurunan harga pasar. Untuk bulan Maret, kita mengamati ada enam jenis komoditi yang harganya lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Hendri, Senin 1 April 2024 di Mempawah.

 

Diungkapkannya, enam komoditi dimaksud yakni beras, telur ayam, daging ayam, cabe rawit, cabe besar dan bawang putih. Misalnya, Hendri mencontohkan harga beras premium bulan Februari Rp 17 ribu, sedangkan di bulan Maret naik menjadi Rp 18 ribu per kg.

 

“Daging ayam bulan Februari Rp 39 ribu, naik menjadi Rp 41.500 di bulan Maret. Begitupun dengan telur ayam dari Rp 29 ribu naik menjadi Rp 34 ribu, cabe rawit dari Rp 61 ribu menjadi Rp 85 ribu per kg, cabe merah besar Rp 68 ribu menjadi Rp 85 ribu, serta bawang putih dari Rp 34 ribu menjadi Rp 40 ribu,” paparnya.

 

Meski harga naik, Hendri memastikan stok barang di pasar-pasar di wilayah Kabupaten Mempawah tersedia dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada momentum Idul Fitri nanti.

 

“Untuk stok barang dipastikan aman guna memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi lebaran. Distribusi barang ke pasar-pasar lancar dan tidak ada persoalan,” tegasnya.

 

Karenanya, Hendri menghimbau masyarakat agar tidak konsumtif saat berbelanja memenuhi kebutuhan lebaran. Dia minta agar masyarakat membeli barang sesuai kebutuhan.

 

“Karena tindakan konsumtif justru memicu gejolak di pasar sehingga berpotensi naiknya harga jual barang. Masyarakat tidak perlu khawatir, stok barang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Kabupaten Mempawah,” pungkasnya.

 

 

×
Berita Terbaru Update