-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


KPU Mempawah Lakukan Kajian Hukum Tindaklanjuti Temuan Pelanggaran Caleg Nasdem

04 Maret 2024 | 3:57 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-04T08:57:09Z

ilustrasi

 

MEMPAWAH NEWS – Komisioner KPU Mempawah, Syahbandi menerima kedatangan Caleg Nasdem, Muhaidi Ja’far beserta massanya terkait aduan dugaan temuan pelanggaran Pemilu 2024, Senin 4 Maret 2024 diruang kerjanya. KPU berjanji akan melakukan kajian hukum terhadap temuan tersebut.

 

“Menyakut temuan dugaan pelanggaran yang disampaikan Caleg Nasdem ini, tentu perlu kita kaji secara hukum. Sebab, temuan ini masuk dalam proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU),” kata Syahbandi kepada wartawan.

 

Disamping itu, Syahbandi menyebut pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Kalbar untuk menentukan tindaklanjut atas dugaan pelanggaran yang diadukan oleh Caleg Nasdem.

 

“Kita akan berkoordinasi dengan Provinsi (KPU). Apakah temuan ini langsung kita lakukan perbaikan atau menunggu pleno nasional dan nantinya bisa diuji melalui jalur banding di MK atau lainnya,” jelasnya.

 

Lebih jauh, Syahbandi mengatakan Caleg Nasdem dan timnya menemukan kejanggalan dalam proses rekapitulasi suara ditingkat PPK. Misalnya, dokumen D hasil khusus Partai Nasdem di 3 desa/kelurahan yakni Kelurahan Tengah, Kelurahan Terusan dan Desa Pasir lembaran fotocopy nya berwarna.

 

“Mereka mengaitkan hal itu dengan indikasi penyelipan data dan sejenisnya yang merugikan salah satu Caleg Nasdem,”  terang Syahbandi.

 

Kemudian, sambung Syahbandi, kaitan dengan D hasil format pdf yang sudah di rekapitulasi kecamatan, namun dilakukan perbaikan. Serta, persoalan C hasil di Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur yang belum 100 persen terupload di website si rekap KPU.

 

“Terkait persoalan C hasil, kita akan koordinasi dengan tim teknis kabupaten. Sedangkan menyangkut foto copy warna dan perbaikan, kita akan sondingkan dengan PPK Mempawah Hilir,” sebutnya.

 

“Saya usulkan agar semua pihak dipanggil untuk memperjelas semua permasalahan yang diadukan tim Caleg Nasdem ini. Jadi, semuanya akan kita cek dan klarifikasi agar persoalan ini terang benderang dan terselesaikan dengan baik,” pungkasnya.

 

 

×
Berita Terbaru Update