-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Cap Go Meh 2024 di Sui Pinyuh, Peserta Pawai Tatung Dibatasi

24 Februari 2024 | 8:56 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-24T13:56:46Z
Pawai tatung di Sungai Pinyuh dalam perayaan Cap Go Meh 2024 


MEMPAWAH NEWS – Perayaan Cap Go Meh (CGM) tahun 2024 di Sungai  Pinyuh, Kabupaten Mempawah berlangsung sederhana, Sabtu 24 Februari 2024 pagi. Panitia membatasi jumlah tatung yang berpartisipasi dalam ritual pawai membersihkan jalan. Pembatasan itu berkenaan masih dalam suasana Pemilu 2024.

 

Dalam kesempatan itu, panitia penunjuk kurang dari 10 tatung yang mengikuti pawai dengan mengambil lokasi start dari Halaman Yayasan Tri Dharma Bhakti menuju ke Simpang Pertigaan Sanyo, kemudian rombongan pawai berbelok ke arah Bundaran Segitiga Emas, setelahnya masuk ke Jalan Sungai Pinyuh-Mempawah, lalu berbelok ke Jalan Pasar Pagi dan kembali ke Halaman Yayasan Tri Dharma Bhakti.

 

“Sesuai kesepakatan dalam rapat, kita melakukan pembatasan tatung yang akan mengikuti ritual pawai membersihkan jalan,” jelas Humas Yayasan Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh, Ahong.

 

Ahong mengungkapkan, jumlah tatung yang berpartisipasi pada perayaan Cap Go Meh tahun 2024 di Sungai Pinyuh sekitar 60 orang. Namun, tidak semuanya dilibatkan dalam kegiatan pawai.

 

“Yang turun ke jalan untuk pawai tak sampai 10 tatung,” terangnya.

 

Camat Sungai Pinyuh, Ibrahim Mahras menyebut perayaan Cap Go Meh 2024 berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Yakni adanya kebijakan pembatasan peserta pawai tatung.

 

“Cap Go Meh tetap dilaksanakan dengan catatan ada pembatasan karena kita masih dalam suasana agenda nasional Pemilu 2024,” kata Camat.

 

Terkait pembatasan tersebut, Camat memastikan pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak yayasan maupun panitia penyelenggara Cap Go Meh 2024 di Sungai Pinyuh.

 

“Dalam rapat tersebut, kita sepakat jumlah tatung yang melakukan pawai di jalan akan dibatasi. Agar, pawai tidak menghambat kelancaran arus lalu lintas yang melewati Kota Sungai Pinyuh,” tuturnya.

 

Ditempat yang sama, Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP Rismanto Ginting mengucapkan terima kasih atas kerjasama masyarakat Tionghoa dalam perayaan Cap Go Meh tahun 2024.

 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama masyarakat yang  merayakan Cap Go Meh tahun 2024 ini dengan diberlakukannya pembatasan terkait Pemilu 2024,” singkatnya.

 

×
Berita Terbaru Update