-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Miris, Ibu dan Anak Keterbelakangan Mental Tempati Rumah Tak Layak

30 Januari 2024 | 12:30 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-30T05:30:37Z

rumah yang ditempati Amoy dan anaknya Ahmad

 

MEMPAWAH NEWS – Sebuah rumah berukuran 4x4 meter dengan dinding papan dan lantai kayu di RT 01/RW 03, Gang Keluarga, Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh membuat terenyuh siapapun yang melihatnya. Ironinya, rumah tak layak huni itu ditempati Amoy dan anaknya, Ahmad yang diketahui mengalami keterbelakangan mental.

 

Kondisi memprihatinkan yang dialami Amoy dan Ahmad itu dibenarkan kerabatnya, Ihsan. Menurut Ihsan, bibinya Amoy dan anaknya Ahmad baru beberapa tahun ini bermukim di Desa Nusapati.

 

“Sebelumnya, mereka tinggal di Telok Batang, Kabupaten Ketapang. Baru beberapa tahun belakangan ini kembali kesini (Desa Nusapati),” terang Ihsan, Selasa 30 Januari 2024.

 

Masih dikatakan Ihsan, rumah yang saat ini ditempati Amoy dan Ahmad dibangun secara gotong royong oleh pihak keluarga yang prihatin dengan kondisi keduanya. Sehingga, pihak keluarga berinisiatif mendirikan rumah tersebut.

 

“Kalau lahan ini merupakan warisan dari kakek kami,” ujarnya.

 

Ihsan mengaku sangat prihatin dengan keterbatasan yang dialami kerabatnya itu. Hanya saja, Ihsan pun mengatakan tak dapat berbuat banyak untuk membantu agar Amoy dan Ahmad bisa mendapatkan rumah yang lebih layak dan nyaman untuk ditempati.

 

“Rumah ini juga tidak memiliki jamban. Sehingga kondisinya sangat-sangat memprihatinkan,” lirih dia.

 

Selain tempat tinggal yang tak layak, sambung Ihsan, masalah kesehatan kerabatnya itu juga memprihatinkan. Dikatakannya, Amoy dan anaknya Ahmad mengalami keterbelakangan mental.

 

“Kalau diajak ngobrol masih bisa nyambung, hanya saja mereka tidak bisa bergaul dengan masyarakat,” pungkasnya.

 

×
Berita Terbaru Update