-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


IJW Desak Jaksa Investigasi, Proyek Jembatan Pulau Pedalaman Rp 3,9 Miliar Molor

02 Januari 2024 | 11:27 AM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-02T04:31:29Z
proyek jembatan pulau pedalaman menelan anggaran Rp 3,9 miliar


 

MEMPAWAH NEWS – Proyek pembangunan jembatan Pulau Pedalaman di Kecamatan Mempawah Timur molor. Sejatinya, proyek senilai Rp 3,9 miliar itu telah rampung pekerjaannya dalam 180 hari kalender kerja atau akhir Desember 2023. Namun, hingga Januari 2024 pekerjaan masih berlanjut.

 

“Kalau  secara keseluruhan, pembangunan jembatan yang sudah rampung sekitar 90 persen,” pendapat Lurah Pulau Pedalaman, Ahmad Junaidi, Selasa (2/1/2024) pagi di Mempawah.

 

Dia mengaku tak mengetahui pasti penyebab belum tuntasnya pembangunan jembatan yang dibiayai oleh APBD Tahun Anggaran 2023 itu. Namun, dia memastikan keberadaan jembatan itu sudah bisa difungsikan.

 

“Saya kurang tahu pasti penyebabnya (pekerjaan belum tuntas). Namun, jembatan tersebut sudah bisa dilewati masyarakat,” ujarnya.

 

Penancapan tiang pertama proyek dengan nomenklatur penggantian jembatan Jalan Pulau Pedalaman-Kuala yang digarap CV Surya Karya Indah itu, dilakukan oleh Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH pada 6 Juli 2023 lalu. Pembangunan jembatan itu sendiri diproyeksikan sepanjang 21 meter dengan lebar 8 meter.

 

“Sesuai ketentuan, mestinya proyek pembangunan jembatan pulau pedalaman ini sudah rampung sebelum 31 Desember 2023. Jika terjadi kemunduran atau molor, artinya ada permasalahan dalam proses pembangunan dilapangan,” kata Direktur Advokasi IJW, Sudianto Nursasi, SH.

 

Karena itu, Sudianto mendesak agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Mempawah melakukan investigasi terhadap pembangunan tersebut. Bukan tidak mungkin adanya potensi pelanggaran yang berdampak terhadap kerugian keuangan negara.

 

“Kita minta agar Kejari Mempawah respontif. Segera turun kelapangan dan lakukan investigasi. Sebab, proyek pembangunan jembatan pulau pedalaman ini memakai uang rakyat dengan nilai fantastis Rp 3,9 miliar,” tegasnya.


Terkait molornya pembangunan proyek jembatan Pulau Pedalaman itu, Dinas PUPR Kabupaten Mempawah maupun kontraktor pelaksana pekerjaan belum berhasil dikonfirmasi redaksi mempawahnews.com.

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update