-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Jumat Bersih : Forkopicam-Warga Sui Pinyuh Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

24 November 2023 | 4:54 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-24T09:54:48Z

forkopicam dan warga sui pinyuh membersihkan saluran air

 

MEMPAWAH NEWS – Mengantisipasi banjir akibat tingginya curah hujan sekaligus menciptakan lingkungan bersih dan sehat, Forkopicam bersama masyarakat Sungai Pinyuh gotong royong membersihkan saluran-saluran air dilingkungannya, Jumat (24/11/2023) pagi. Kegiatan yang dipimpin langsung Camat Sungai Pinyuh, Ibrahim Mahras itu bertajuk Jumat Bersih.

 

“Kegiatan jumat bersih ini menindaklanjuti hasil rapat para RT dan RW di Kelurahan Sungai  Pinyuh dan sekitarnya. Makanya, hari ini kita kompak turun ke lapangan untuk membersihkan saluran-saluran air,” jelas Ibrahim.

 

Menurut Ibrahim, upaya membersihkan saluran air tersebut sebagai langkah dini untuk mengantisipasi beberapa dampak negatif dilingkungan masyarakat. Baik itu menyangkut kesehatan maupun kerusakan lingkungan akibat banjir dan genangan air.

 

“Membersihkan saluran air ini sangat banyak manfaatnya. Yakni, kita antisipasi curah hujan agar tidak menyebabkan genangan dan banjir dilingkungan masyarakat. Kemudian, upaya memberantas perkembangbiakan sarang nyamuk penyebab wabah DBD,” tegasnya.

 

Dikatakan Ibrahim, cukup banyak saluran-saluran air dan parit dilingkungan masyarakat Sungai  Pinyuh yang tersumbat. Karena itu dibutuhkan dukungan dan kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi melakukan pembenahan terhadap kondisi tersebut.

 

“Dari pantuan kita dilapangan cukup banyak saluran air yang tersumbat. Salah satunya di lokasi eks kebakaran komplek ruko di Pasar Sungai Pinyuh ini. Maka perlu dilakukan pembenahan agar saluran air yang tersumbat bisa lancar kembali,” ujarnya.

 

Camat menyebut, pembenahan yang dilakukannya bersama warga tidak bersifat permanen. Sebab, pihaknya perlu melihat perkembangan dilapangan mengingat adanya kemungkinan pembangunan pelebaran jalan dan fasilitas lainnya di Sungai Pinyuh.

 

“Pembenahan ini hanya solusi sementara untuk mengatasi dampak-dampak negatif dilingkungan masyarakat. Kalau memang nantinya masih terjadi genangan air, maka kita akan coba usulkan kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk membangun saluran drainase di sepanjang jalur Pasar Sungai Pinyuh,” tutupnya.

 

 

×
Berita Terbaru Update