-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Tinjau Karhutla di Mempawah, Panglima TNI Sebut Peralatan Perlu Dilengkapi

24 Agustus 2023 | 7:50 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-24T00:50:09Z

Panglima TNI Yudo berada di lokasi karhutla di Desa Antibar

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono turun langsung meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (23/8/2023 ) siang. Panglima Yudo menyoroti kelengkapan peralatan petugas dalam penanggulangan karhutla.

 

Dalam kunjugan tersebut, Panglima Yudo didampingi Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, Sekda Kalbar Horrison, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Dandim 1201/MPh, Kapolres Mempawah dan para pejabat TNI/Polri.

 

 “Dalam kesempatan ini, saya bersama Pangdam, Kapolda, Dandim, Kapolres dan BPBD pusat juga saya bawa untuk meninjau salah satu lokasi karhutla di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat,” jelas Panglima kepada awak media.

 

Panglima Yudo mengaku mendapat laporan dari jajarannya berkenaan dengan kendala dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi para petugas saat melakukan pemadaman karhutla.

 

“Memang kalau dilihat dilapangan ada peralatan-peralatan yang perlu dilengkapi. Sehingga dengan kedatangan saya ini, nantinya saya akan susun lagi bagaimana operasional aparat kita di daerah ini agar dapat mengoptimalkan penanggulangan karhutla yang terjadi di masyarakat,” pendapatnya.

 

Panglima Yudo tak menampik kesulitan dan kendala yang dihadapi petugas dalam penanggulangan karhutla sangat tinggi. Misalnya kendala faktor alam seperti kemarau yang menyebabkan sulitnya mendapatkan sumber air untuk memadamkan titik api.

 

“Belum lagi masalah titik api yang jaraknya jauh sehingga membutuhkan dukungan peralatan selang air yang panjang untuk mencapai titik-titik kebakaran. Sehingga, upaya pemadaman bisa lebih efektif dan maksimal,” sebutnya.

 

“Kekurangan perlengkapan akan kita susun kembali, bukan hanya di Kalbar termasuk juga daerah-daerah lain. Kali ini kita ambil contoh di Kalbar karena sangat gencar dalam pemadaman Karhutla. Daerah-daerah lain juga akan kita carikan solusinya,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update