-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Dua Desa di Mempawah Ramah Perempuan dan Peduli Anak

11 Agustus 2023 | 6:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-10T23:07:50Z

 

Suasana Rakoor DRPPA di Mempawah

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Dua desa di Kabupaten Mempawah dicanangkan dalam program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) tahun 2023. Yakni, Desa Sungai Duri I di Kecamatan Sungai Kunyit, dan Desa Sungai Bakau Besar Laut (SBBL)  di Kecamatan Sungai Pinyuh.

 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Mempawah, Drs H Ismail, MM saat membuka Rapat Koordinasi (Rakoor) Penguatan Fasilitator Daerah Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) tahun 2023 di Aula Bappeda, Rabu (9/8/2023).

 

Rakoor turut dihadiri Deputi Assisten Bidang Pemenuhan Hak Anak RI, Amurwani Dwi Lestarininggsih, S.Sos, M.Hum, Kadis PP dan PA Provinsi Kalbar, Dr Herkulana Mekaryani, M.Si, Kepala OPD Pemkab Mempawah, Forkopimda, Camat, Kepala KPPAD, Forum Anak Daerah serta Kepala Desa (Kades).

 

Menurut Sekda, desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi kaum perempuan dan anak. Caranya dengan memenuhi hak perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi serta tersedianya sarana dan prasarana yang ramah perempuan maupun anak.

 

“Upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Mulai dari penyusunan RPJMD, RKPD hingga kebijakan-kebijakan yang mendukung desa ramah perempuan dan peduli anak. Kami juga telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan anak,” tegas Sekda.

 

Sekda menilai, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa memerlukan koordinasi terpadu antar berbagai sektor. Serta, membutuhkan komitmen pemerintah daerah dan desa untuk mewujudkannya.

 

Karena itu, Sekda berharap Rakoor Penguatan Fasilitator Daerah DRPPA akan terjalin dan terwujudnya koordinasi, singkronisasi dan sinergitas lintas pelaku pembangunan untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

 

“Serta menjamin tercapainya pemanfaatan sumberdaya secara efisien dan berkelanjutan,” tegasnya mengakhiri.

 

×
Berita Terbaru Update