-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Pelatihan Destana di Desa Parit Banjar Diikuti 30 Peserta

15 Agustus 2023 | 12:20 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-15T05:20:24Z

Bupati saat membuka pelatihan program Destana

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Parit Banjar, Kecamatan Mempawah Timur diikuti 30 peserta, Selasa (15/8/2023) di Balai Desa Parit Banjar. Pelatihan dengan metode andragogi itu menghadirkan narasumber Fasilitator BPBD Kubu Raya, Robiyanto, SE beserta tim.

 

“Pelatihan ini diikuti 30 peserta terdiri dari warga dan aparatur Desa Parit Banjar. Pelatihan akan berlangsung selama sehari,” ungkap Ketua Panitia, Purwadi, S.Hut, MP dalam laporannya.

 

Purwadi yang juga Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana, BPBD Mempawah itu mengungkapkan, peserta pelatihan akan mendapatkan pembekalan yang disampaikan oleh narasumber Fasilitator BPBD Kabupaten Kubu Raya, Robiyanto, SE dan tim.

 

“Pelatihan ini menggunakan metode pembelajaran untuk orang dewasa atau andragogi. Narasumber akan menyampaikan beberapa materi, kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta diakhiri dengan kesepakatan dalam rencana tindak lanjut program Destana,” jelasnya.

 

Lebih jauh, Purwadi menjelaskan, tujuan dilaksanakannya program Destana agar desa memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Serta, memulihkan diri dari dampak-dampak bencana yang merugikan.

 

“Tujuan khusus pengembangan Destana untuk melindungi masyarakat yang tinggal dikawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi resiko bencana,” bebernya.

 

“Serta, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan resiko bencana, dan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan resiko bencana, meningkatkan kerjasama pemangku kepentingan dalam penanggulangannya,” pungkas Purwadi menambahkan.

 

Sebelumnya, pelatihan dibuka Bupati Mempawah Hj Erlina, SH, MH. Turut hadir Kepala BPBD Mempawah, Agit Sugiarto beserta jajarannya dan Forkopicam Mempawah Timur.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update