-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


IJW Ingatkan Komitmen Elit Politik Ciptakan Pemilu 2024 Kondusif

23 Agustus 2023 | 2:53 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-23T07:54:08Z

 

Sudianto Nursasi, SH

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Indonesia Justice Watch (IJW) mengingatkan para elit politik dan stakeholder masyarakat di Kabupaten Mempawah agar berkomitmen mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif. Agar, pesta demokrasi tersebut melahirkan pemimpin yang berkualitas.

 

“IJW menilai sukses atau tidaknya Pemilu 2024 ditentukan dari sikap dan kebijakan para elit politik itu sendiri. Jika para elit berkomitmen menjalankan norma dan etika politik yang santun dan bermoral, maka Pemilu 2024 akan damai, aman dan kondusif,” pendapat Direktur Advokasi IJW, Sudianto Nursasi, SH, Rabu (23/8/2023) di Mempawah.

 

Komitmen dimaksud, sambung Sudianto yakni para elit politik tidak melakukan praktik-praktik politik kotor yang dapat menciderai nilai-nilai demokrasi di masyarakat Kabupaten Mempawah.

 

“Jika para elit ini masih melakukan money politik, bagi-bagi sembako bahkan kampanye hitam, maka jangan harap bisa tercipta Pemilu yang aman, damai dan kondusif. Sebab, praktik politik kotor akan memicu potensi gejolak di masyarakat,” ujarnya.

 

Karena itu, menurut Sudianto pentingnya peran aktif penyelenggara KPU dan badan pengawas Bawaslu untuk bekerja ekstra maksimal menegakan aturan dan ketentuan yang ada.

 

“KPU dan Bawaslu jangan tebang pilih atau takut menegakan aturan. Jika menemukan potensi pelanggaran maka segera tindak tegas agar memberikan efek jera. Namun, jika pelanggaran itu diabaikan maka akan merusak nilai demokrasi di masyarakat,” katanya.

 

Lebih jauh, Sudianto juga mengingatkan stakeholder masyarakat agar bersikap kritis dan tegas terhadap praktik politik kotor dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

 

“Masyarakat harus berani menolak bahkan melaporkan jika menemukan adanya praktik politik kotor seperti bagi-bagi uang, barang dan sejenisnya. Jika hal ini bisa dilakukan masyarakat demokrasi di Kabupaten Mempawah akan lebih berkualitas,” pungkasnya.

 

×
Berita Terbaru Update