-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Poktan Mitra Tani Segedong Panen 700 Kg Cabai

17 Januari 2023 | 2:33 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-17T07:33:40Z
hasil panen cabai Poktan Mitra Tani Segedong/FOTO : Humas Pemkab Mempawah

MEMPAWAH NEWS – Mengoptimalkan potensi lahan yang subur, Kelompok Tani (Poktan) Mitra Tani Desa Peniti Dalam I, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah berhasil memproduksi 700 kg cabai. Panen cabai tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi beserta jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Mempawah, Senin (16/1/2023).  

 

Ketua Poktan Mitra Tani Segedong, Suryanto mengungkapkan pihaknya menanam kurang lebih 8.000 pohon cabai diatas lahan seluas 2,8 hektare dari total lahan yang tersedia seluas 10 hektare.

 

“Kami sudah beberapa kali melakukan panen cabai. Panen pertama menghasilkan 113 kg cabai, kemudian pada kedua mendapatkan 274 kg dan panen ketiga bertambah menjadi 365 kg,” paparnya.

 

Dikatakan Suryanto, produktivitas cabai yang dikelola Poktan Mitra Tani Segedong terus meningkat. Terbukti pada panen ke empat, berhasil mendapatkan 527 kg cabai serta panen kelima menghasilkan 700 kg cabai.

 

“Ada dua jenis cabai yang kami tanam yakni cabai rawit dan cabai hijau,” tuturnya.

 

Terkait pemasaran, Suryanto mengaku bersyukur cabai yang diproduksi Poktan Mitra Tani Segedong telah dijual ke sejumlah daerah di Kalbar. Dan salah satu tujuan tetap penjualan di Pasar Flamboyan Pontianak.

 

“Kedepan, kami akan terus mengembangkan pengelolaan lahan. Dalam waktu dekat, kami berencana menanam jagung, semangka, pepaya dan komoditi lain yang potensial dan memiliki nilai jual di pasar,” tutupnya.

 

Selain Wabup Muhammad Pagi, panen cabai Poktan Mitra Tani Segedong turut dihadiri Ketua PKK, Hj Julina Muhammad Pagi, Perwakilan BI Kalbar, BMKG Kalbar, pejabat OPD Pemkab Mempawah, Camat beserta Forkopicam dan para petani Poktan Mitra Tani Segedong.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update