-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Jelang Pemilu 2024, IJW : Politik Uang Lahirkan Pemimpin Korup

10 Januari 2023 | 10:01 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-10T03:01:40Z
ilustrasi

MEMPAWAH NEWS – Menyongsong perhelatan Pemilu 2024, Indonesia Justice Watch (IJW) mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dengan politik uang. Pemilih mesti selektif menentukan pemimpin yang berkualitas dan bersih dari praktik-praktik politik yang menyimpang.

 

“Pemimpin yang lahir dari politik uang, maka berpotensi menjadi pemimpin yang korup,” tegas Direktur Advokasi IJW, Sudianto Nursasi, SH, Senin (9/1/2023) siang di Mempawah.

 

Menurut Sudianto, perhelatan Pemilu 2024 sangat rentan dengan praktik politik yang bertentangan dengan asas demokrasi. Salah satunya, maraknya politik uang sebagai jalan pintas untuk mendapatkan dukungan masyarakat.

 

“Dilihat dari trend politik yang terus dinamis, saya memprediksikan Pemilu 2024 masih kental dengan pola-pola politik uang termasuk di Kabupaten Mempawah,” pendapatnya.

 

IJW mengungkapkan hasil pantauannya sepanjang Pemilu 2019 lalu, para kontestan politik melalui tim suksesnya berlomba-lomba melakukan praktik jual beli suara.

 

“Sudah menjadi rahasia umum, mereka menawarkan uang Rp 100 hingga Rp 200 ribu kepada masyarakat yang bersedia memberikan hak pilihnya. Ini realita yang terjadi di masyarakat Kabupaten Mempawah,” sesalnya.

 

“Kuncinya bermula dari Parpol hingga masyarakat pemilih. Parpol hendaknya selektif menjaring Bacaleg berkualitas dan profesional. Sedangkan masyarakat, hendaknya meningkatkan kesadaran untuk tidak terjebak dengan bujuk rayu pemimpin yang menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuannya,” pesan Sudianto.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update