-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Telur dan Bawang Naik, Daging Ayam Diprediksi Tembus Rp 45 Ribu Jelang Nataru

18 Desember 2022 | 11:37 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-18T04:37:15Z
pedagang telur di Pasar Pagi Sungai Pinyuh/FOTO : Bung Ranie

MEMPAWAH NEWS – Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, harga jual daging ayam di sejumlah pasar di Kabupaten Mempawah mengalami kenaikan. Pedagang memprediksikan harga jual daging ayam bisa menembus harga Rp 45 ribu per kg.

 

“Saat ini, harga daging ayam Rp 40 ribu per kg. Namun, ada kemungkinan akan terus mengalami kenaikan hingga mendekati Natal dan Tahun Baru nanti. Diprediksi bisa Rp 45 ribu per kg,” pendapat Pedagang Ayam di Pasar Pagi Sungai Pinyuh, Agus, Minggu (18/12/2022) pagi.

 

Agus mengatakan, harga jual daging ayam saat ini terus naik sejak beberapa waktu lalu. Sebelumnya, harga jual daging ayam di Pasar Pagi Sungai Pinyuh Rp 38 ribu per kg.

 

“Ada kenaikan sekitar Rp 2 ribu per kg dari harga awal. Dari yang semulanya Rp 38 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg,” ujarnya.

 

Meski harga naik, namun Agus mengaku tidak ada penambahan penjualan daging ayam. Dia mengaku tiap hari dapat menjual kurang lebih 100 kg daging ayam dari para pelanggannya di Pasar Pagi Sungai Pinyuh.

 

“Kalau penjualan tetap normal, kurang lebih 100 kg per hari. Belum ada kenaikan menjelang natal dan tahun baru ini. Kemungkinan penjualan baru akan bertambah mendekati hari natal,” tuturnya.

 

Tak hanya daging ayam, harga jual telur ayam juga mengalami kenaikan. Dari pantauan mempawahnews.com, harga telur berkisar Rp 31 ribu per kg dari harga semula Rp 28 ribu.

 

“Kenaikan harga telur bertahap, dari Rp 28 ribu sekarang menjadi Rp 31 ribu per kg. Masalah harga ini, kita tergantung dari agen yang menyuplai telur. Kalau harga dari agen tinggi maka otomatis harga jual di pasar juga naik,” kata pedagang telur ayam di Sungai Pinyuh, Amoy.

 

Kenaikan juga terjadi pada komoditi bawang. Pedagang bawang di Pasar Sungai Pinyuh, Imam menuturkan harga bawang putih Rp 22 ribu dan bawang merah Rp 36 ribu per kg.

 

“Bawang putih yang semula Rp 20 ribu per kg, sekarang menjadi Rp 22 ribu. Kalau bawang merah harga eceran tetap Rp 36 ribu per kg, tetapi harga beli per karung mengalami kenaikan sekitar Rp 30 ribu per karung,” singkat Imam.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Tim Liputan

 

 

×
Berita Terbaru Update