-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Potensi Merugikan Negara, Desak APH Audit Proyek Rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah

01 September 2022 | 10:29 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-01T03:31:25Z
pintu depan Gedung KNPI Mempawah tampak rusak karena hanya diikat dengan tali/foto : istimewa

MEMPAWAH NEWS – Indonesia Justice Watch (IJW) mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) melakukan audit pembangunan proyek rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah di Jalan Utin Chandramidi, Kelurahan Tengah, Mempawah Hilir. Pasalnya, IJW menilai rehabilitasi gedung tersebut tidak maksimal hingga berpotensi merugikan keuangan negara.

 

Proyek rehabilitasi Gedung KNPI Kabupaten Mempawah dikerjakan oleh CV Elco Konstruksi dengan pagu dana sebesar Rp 99.134.000,- yang dianggarkan melalui APBD TA 2021. Proyek tersebut dibawah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mempawah.

 

“Secara keseluruhan, kita melihat ada yang kurang maksimal dalam proyek rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah. Secara fisik, terlihat beberapa material tidak diperbaharui,” pendapat Direktur Advokasi IJW, Sudianto Nursasi, SH, Kamis (1/9/2022) di Mempawah.


pecahan materiali berserakan di depan Gedung KNPI Mempawah

Yang paling kentara, ungkap Sudianto mencontohkan bagian pintu depan Gedung KNPI Mempawah terlihat dalam kondisi rusak dan diduga menggunakan materil lama. Begitupun dengan atap gedung, diduga tidak ada pergantian material seng yang baru.

 

“Yang terlihat kasat mata saja, daun pintu sudah rusak. Karena, saya lihat sendiri pintu Gedung KNPI diikat dengan tali. Begitu pula dengan seng, tidak ada pergantian. Artinya masih memakai material lama,” cecarnya.

 

Lebih dari itu, Sudianto melihat lingkungan Gedung KNPI Mempawah tampak kumuh dan berantakan. Misalnya di bagian depan gedung tampak ada pecahan kaca yang berserakan. Begitu pun rerumputan liar tumbuh di depan hingga belakang bangunan gedung.

 

“Berdasarkan pengamatan dan fakta dilapangan, saya menilai proyek rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah tidak optimal. Sehingga, tidak menutup kemungkinan adanya kerugian negara. Maka, kita mendesak agar APH melakukan audit investigasi guna memastikan hasi pembangunan ini. Bagaimana pun pembangunan ini memakai uang rakyat,” tegasnya mengakhiri.


plang proyek rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah

Dilain pihak, Pengurus KNPI Kabupaten Mempawah yang enggan namanya di publikasikan mengaku tidak tahu menahu berkaitan dengan proyek rehabilitasi tersebut. Dia menyarankan agar mempawah.news.com mengkonfirmasi kepada Ketua atau Sekretaris KNPI Mempawah.

 

“Secara internal, kami kurang faham dan tidak tahu dengan rehabilitasi Gedung KNPI Mempawah. Mungkin, sebagian besar kawan-kawan KNPI Mempawah tidak tahu dengan proyek ini,” singkatnya.

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

 

×
Berita Terbaru Update