-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Program Ketahanan Pangan, Sebelas Poktan di Desa Parit Bugis Dapat Mesin Perontok Padi

02 September 2022 | 4:24 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-02T09:24:06Z
penyerahan bantuan alsintan kepada poktan di Desa Parit Bugis

MEMPAWAH NEWS – Sebelas Kelompok Tani (Poktan) di Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah mendapatkan bantuan mesin perontok padi. Bantuan tersebut bersumber dari APBDes Parit Bugis TA 2022. Secara simbolis, alsintan tersebut diserahkan oleh Kepala Desa (Kades), Abdul Hasib, Jumat (2/9/2022) sore.

 

“Bantuan alsintan berupa mesin perontok padi ini berasal dari pagu dana ketahanan pangan. Dananya kita alokasikan melalui APBDes Parit Bugis tahun 2022 ini,” terang Abdul Hasib.

 

Abdul Hasib menjelaskan, penyaluran bantuan alsintan tersebut merupakan wujud komitmen dan dukungan Pemerintah Desa Parit Bugis terhadap program ketahanan pangan yang digalakan pemerintah pusat.

 

“Anggaran untuk program ketahanan pangan merupakan salah satu kewajiban yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Besarannya kurang lebih 20 persen dari total APBDes,” jelasnya.

 

Tak hanya alsintan, sambung Kades, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah bantuan lain untuk mendukung kelancaran program ketahanan pangan di Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong.

 

“Kami juga menyalurkan bantuan obat-obatan berupa pestisida, herbisida hingga pelatihan kepada seluruh Poktan di Desa Parit Bugis. Inilah upaya kami untuk mensukeskan program ketahanan pangan,” tegasnya.

 

Sementara itu, Pendamping Desa Zulhermawan mengatakan Pemerintah Desa se-Indonesia diwajibkan mengalokasikan anggaran minimal sebesar 20 persen Dana Desa (DD) untuk mendukung program ketahanan pangan.

 

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini, semakin meningkatkan motivasi para petani Desa Parit Bugis lebih giat dan mengoptimalkan potensi pertaniannya. Dan kita juga berpesan masing-masing pengurus Poktan agar merawat dan menjaga alsintan dengan sebaik mungkin,” pesannya mengakhiri.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Adi

×
Berita Terbaru Update