-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Tiga Kapal Nelayan Sui Pinyuh Tenggelam Diterjang Kumpay

20 Mei 2021 | 8:56 PM WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-20T13:56:39Z
salah satu kapal nelayan sui pinyuh tenggelam di terjang kumpay

MEMPAWAH NEWS –Tanaman liar kumpay menimbulkan kerugian bagi nelayan di Kecamatan Sungai Pinyuh. Sedikitnya tiga kapal milik nelayan setempat dikabarkan tenggelam akibat terjangan kumpay yang hanyut di aliran Sungai Pinyuh menuju ke muara laut, Kamis (20/05/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

 

“Ada kumpay hanyut di aliran Sungai Pinyuh. Kemungkinan kumpay ini berasal dari Sungai Rasau menuju ke Sungai Pinyuh dan mengarah ke muara laut. Menyebabkan tiga kapal nelayan rusak dan tenggelam,” ungkap nelayan Sungai Pinyuh Ardiansyah.

 

Ardiansyah mengatakan, terjangan kumpah di aliran Sungai Pinyuh terjadi sejak sore dan berlangsung hingga malam hari. Dia memperkirakan kumpay akan merusak kapal-kapal nelayan lainnya.

 

“Kemungkinan masih ada kapal lainnya yang rusak. Sebab, kumpay masih hanyut mengikuti aliran sungai menuju ke muara laut Sungai Pinyuh,” tuturnya.

 

Akibat kejadian itu, dia menaksirkan kerugian nelayan mencapai puluhan juta rupiah. Sebab, terjangan kumpay menyebabkan kerusakan pada badan kapal maupun perlengkapan dan perbekalan melaut.

 

“Kerugian akibat kumpay ini ditaksir Rp 10 juta bahkan lebih besar. Sebab, kapal yang tenggelam sudah memiliki muatan atau persiapan untuk berangkat melaut,” katanya.

 

Dilain pihak, Ketua Karang Taruna Sungai Pinyuh, Mulyono Ali menyebut permasalahan kumpay di aliran Sungai Pinyuh terjadi saban tahun. Bahkan, setiap kali terjadi selalu menimbulkan kerusakan dilingkungan masyarakat yang berada di aliran sungai.

 

“Beberapa waktu lalu, kumpay merusak jembatan dan sekarang merusak kapal nelayan,” sesalnya.

 

Dia mengatakan, kumpay dipicu curah hujan tinggi di perhuluan menyebabkan arus sungai kencang hingga membawa tanaman liar di sepanjang aliran sungai yang dilewatinya.

 

“Maka perlu andil dari instansi terkait untuk membantu masyarakat Sungai Pinyuh mengatasi persoalan kumpay yang kerap menimbulkan kerusakan dan kerugian bagi masyarakat. Agar permasalahan serupa tidak terulang lagi dimasa mendatang,” harapnya mengakhiri.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah/Khairani

 

 

 

×
Berita Terbaru Update