-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Epson Indonesia Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Wisata MMP

29 Oktober 2020 | 1:31 PM WIB | 0 Views Last Updated 2020-10-29T06:31:00Z

 

Epson Indonesia melakukan penanaman mangrove di wisata MMP 

MEMPAWAH NEWS – Memperingati 20 tahun kiprahnya di Indonesia, Epson menanam 1.000 bibit pohon mangrove di lokasi wisata Mempawah Mangrove Park (MMP) di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (29/10/2020) pagi.

 

Head of Finance & Corporate service PT Epson Indonesia, Muhammad Husni Nurdin menjelaskan, penanaman 1.000 pohon mangrove tersebut merupakan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan rutinitas kegiatan Epson di masyarakat.

 

“Realisasi CSR kali ini memasuki tahun ke-11 sejak dimulai tahun 2010 lalu. Alhamdulillah, tiap tahun terus kita tingkatkan nilai CSR nya. Dan tahun ini sudah lebih Rp 1 milyar dana dari program CSR yang kita realisasikan untuk berbagai kegiatan,” ungkapnya.

 

Di tahun 2020 ini, Husni menjelaskan, realisasi CSR tidak hanya difokuskan pada kegiatan pendidikan dan sosial. Melainkan juga pihaknya memberikan perhatian pada penyelamatan lingkungan.

 

“Sebenarnya ide penanam pohon mangrove ini juga berasal dari kawan-kawan media di Pontianak yang tahun lalu melakukan road show keliling Kalimantan. Dan Alhamdulillah, tahun ini bisa kita realisasikan dengan menanam 1.000 mangrove di Mempawah,” ujarnya.

 

Terkait situasi pandemi, Husni mengaku tak mudah merealisasikan program realisasi CSR. Meski demikian, berangkat dari niat baik Epson untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan bangsa maka seluruh kegiatan tetap dilaksanakan dengan penerapan protap kesehatan yang ketat.

 

“Sebelum pemerintah mengumumkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, kami sudah melaksanakan anjuran WHO. Kita sudah menerapkan penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun,” paparnya.

 

Maka, sambung dia, dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakannya selalu mengedepankan penerapan protap kesehatan. Seperti yang telah dilaksanakannya dalam kegiatan Epson go to school di Jakarta pada awal Oktober lalu, termasuk pula di kegiatan penanaman mangrove di Mempawah.

 

“Dalam kegiatan ini juga kita wajibkan peserta untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker dan lainnya. Semua ini kita lakukan untuk memastikan kegiatan yang baik ini tetap berjalan dengan lancar. Sehingga kita bisa mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

 

Dilain pihak, Ketua Mempawah Mangrove Conservation (MMC), Raja Fajar Azansyah mengucapkan terima kasih kepada Epson Indonesia yang telah melaksanakan penanaman mangrove di lokasi wisata MMP dalam rangka realisasi program CSR.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya percepatan penanaman mangrove di wilayah pesisir Kabupaten Mempawah guna mengatasi permasalahan abrasi pantai,” kata Fajar.

 

Khusus di Desa Pasir, lanjut Fajar, penanaman mangrove telah dimulai sejak tahun 2012 lalu. Saat ini, penanaman hutan mangrove dengan garis pantai sepanjang 3 km telah berhasil menciptakan 35 ha mangrove. Dan upaya conservasi terus dilakukan bersama-sama seluruh elemen masyarakat.

 

“Realisasi CSR Epson Indonesia ini akan mendorong percepatan penambahan wilayah hutan mangrove. Dalam waktu 7-8 tahun ini wilayah daratan yang terbentuk dari penanaman mangrove kurang lebih 150 meter ke arah laut,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis : Herry

Grafis : Syahrie

×
Berita Terbaru Update