-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan



Jangan Percaya Kunci Jawaban

13 April 2015 | 8:45 AM WIB | 0 Views Last Updated 2015-04-13T01:45:59Z

Jangan Percaya Kunci Jawaban
Mempawah News-Hari ini, Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK akan dilaksanakan serentak. UN yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 13-15 April itu diikuti 2. 454 siswa se-Kabupaten Mempawah. Anggota DPRD Mempawah, A. Syakur menghimbau peserta tidak percaya dengan isu kunci jawaban yang beredar luas.

“Biasanya pada setiap penyelenggaraan UN, ada saja isu tentang kunci jawaban yang beredar di kalangan siswa. Biasanya, dalam bentuk short message service (SMS) atau pun bentuk lainnya. Dipastikan lembar jawaban itu tidak benar dan palsu,” tegas Syakur, kemarin.

Legislator Demokrat itu menyebut penyelenggaraan UN telah dipersiapkan dengan baik agar berjalan lancar dan sukses. Termasuk sistem pengamanan terhadap soal-soal UN yang dididstribusikan ke daerah. Dalam pengamanannya, Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan lembaga terkait lainnya.

“Soal UN itu dijaga ketat selama 24 jam oleh petugas, jadi tidak mungkin bisa bocor dan beredar kunci jawabannya. Peserta jangan percaya dan terpengaruh dengan isu kunci jawaban. Karena, hal itu hanya akan menyesatkan dan mengganggu konsentrasi belajar siswa,” pendapatnya.

Anggota DPRD Dapil II itu menyarankan agar peserta memaksimal kemampuan yang dimilikinya. Caranya dengan pola belajar yang telah diterapkan baik disekolah maupun dirumah. Mengandalkan kemampuan belajar akan lebih baik untuk mendapatkan hasil ujian yang bermutu dan berkualitas.

“Kita akan lebih puas lulus dengan hasil murni dari jerih payah belajar sendiri. Sekaligus bisa mengukur sejauh mana tingkat kemampuan kita setelah tiga tahun menimba ilmu dibangku sekolah. Jadi, belajar dengan proses itu lebih baik dibandingkan secara instan,” tuturnya.

UN SMA dan SMK tahun pelajaran 2015 di Kabupaten Mempawah sama seperti tahunt-tahun sebelumnya yakni menggunakan sistem lembar jawaban tertulis. Pada tahun ini, UN akan diikuti 2.454 peserta yang terdiri dari 1.078 siswa SMA, 904 siswa SMK dan 472 siswa MA di Kabupaten Mempawah.

Sementara itu, sistem penentuan kelulusan UN 2015 ditentukan dari nilai ujian sekolah dan nilai raport siswa mulai dari kelas X, XI dan XII. Dengan persentasi nilai raport sebesar 70 persen dan nilai UN sebesar 30 persen. Hasil antara nilai persemester dengan nilai ujian sekolah itulah yang menjadi penentu dalam kelulusan siswa nanti.(MNews)
×
Berita Terbaru Update