-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Awas, Penyakit ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

17 Maret 2015 | 3:41 PM WIB | 0 Views Last Updated 2015-03-17T08:41:10Z

Rambut rontok memang kerap mengganggu penampilan, sebab rambut yang selalu rontok akan membuat rambut nampak kian menipis setiap harinya. Bukan hanya itu, rambut rontok juga membuat kita cukup kewalahan mengumpulkan dan membuang rontokan rambut yang sangat banyak. Tentunya, banyak sekali cara yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Bukan hanya mencoba berbagaitreatment alami, banyak juga wanita yang lebih memilih untuk menggunakan treatmentyang telah disediakan oleh berbagai salon kecantikan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal. Tapi, tahu kah kamu?


Awas, Penyakit ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok| MempawahNews.com
Awas, Penyakit ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok| MempawahNews.com

Ternyata masalah rambut rontok ini juga dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah penyakit. Ya, benar sekali . Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa masalah rambut rontok bisa saja dilatarbelakangi oleh beberapa penyakit. Wah? Bahaya juga ya? Kira-kira, penyakit apa saja kah itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Anemia

Salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya rambut rontok adalah anemia. Penyakit ini akan menyebabkan jumlah eritrosit (sel darah merah) berkurang jauh dari batas normal. Hal ini kemudian menyebabkan timbulnya rasa lelah yang sangat kuat pada tubuh serta kulit yang pucat. Oleh sebab itu, penderita anemia kerap merasakan sakit kepala, susah fokus, hingga rambut rontok. Untuk mengatasinya, maka para ahli pun menyarankan para penderita anemia untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung zat besi guna meningkatkan jumlah eritrosit dalam tubuh.

2. Alopecia Areata

Bukan hanya itu sis, penyakit alopecia areata ternyata juga memiliki pengaruh besar pada rambut rontok. Penyakit ini dapat memperburuk kondisi folikel rambut yang disebabkan oleh sel-T. sel-T merupakan sejenis antibody yang banyak ditemukan di dalam folikel rambut yang terbentuk secara genetik. Penyakit ini akan memicu munculnya pola melingkar halus pada bagian kulit kepala, jenggot, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

3. Androgenetic alopecia

Androgenetic alopecia akan mengakibatkan rambut rontok. Kerontokan yang terjadi akan sangat parah, hingga rambut akan terus menipis. Dalam kondisi yang sangat fatal, penyakit ini bisa mengakibatkan terjadinya kebotakan total. Selain menyebabkan rambut rontok, penyakit ini juga dapat membuat penderitanya nampak lebih tua dari usianya. Wah? Bahaya juga ya sis?

4. Hipotiroidisme

Satu lagi jenis penyakit yang dapat memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Penyakit tersebut adalah hipotiroidisme. Ya, benar sekali. Penyakit ini memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan hormon tiroid. Hormon tiroid sendiri merupakan jenis hormon yang sangat berpengaruh besar pada metabolisme tubuh. Jenis hormon ini akan memberikan sumber oksigen yang berperngaruh besar terhadap proses pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Orang yang kekurangan hormon tiroid akan memiliki peluang yang sangat besar untuk terserang hipotiroidisme. Parahnya, penyakit ini banyak dialami oleh wanita.
×
Berita Terbaru Update