-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Myanmar-China Memanas Usai Jet Tempur Myanmar Tewaskan 5 Petani China

17 Maret 2015 | 3:49 PM WIB | 0 Views Last Updated 2015-03-18T00:15:02Z

BEIJING- Pada Sabtu (14/3) sore waktu Beijing, petani tebu di pinggiran Kota Lincang, Provinsi Yunan, dikejutkan raungan jet tempur. Sepersekian detik kemudian, ledakan dahsyat menghajar perkebunan dan perumahan penduduk.Hasilnya lima petani tewas dan delapan warga lainnya luka-luka, menurut laporan Aljazeera. Jet tempur penebar maut ini rupanya milik Angkatan Udara Myanmar.

Myanmar-China Memanas Usai Jet Tempur Myanmar Tewaskan 5 Petani China
pesawat jet myanmar


Myanmar mengaku hanya mengincar pasukan Pemberotak etnis Kokang, mayoritas bekas anggota Partai Komunis Burma yang dulu mendapat pasokan dana dari Beijing. Belasan milisi Kokang diisukan menyusup ke wilayah China untuk menghindari serangan tentara Myanmar.

Myanmar membantah gegabah menembus perbatasan China. "Bom yang menewaskan petani juga bukan dari pesawat tempur kami," kata juru bicara pemerintah Myanmar, Zaw Htay.

Tapi data radar China menunjukkan sebaliknya. Wakil Komisi Militer Pusat China, Fa Changlong, menegaskan bahwa jet Myanmar berulang kali melewati wilayah udara negaranya.

China meradang dengan Myanmar yang menolak disalahkan. Satu skuadron jet tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) langsung disiagakan di Yunan.

Myanmar-China Memanas Usai Jet Tempur Myanmar Tewaskan 5 Petani China
pasukan Udara China


"Myanmar harus menyadari seriusnya isu ini. Mereka harus menghukum siapapun yang bersalah, meminta maaf, dan membayar ganti rugi pada keluarga petani yang jadi korban," kata Changlong.
"Kalau tidak, maka militer kami akan mengambil aksi yang diperlukan untuk melindungi harta benda dan keamanan rakyat China," imbuh petinggi tentara itu.

Myanmar kini di ambang invasi raksasa Tiongkok. Padahal, selama ini junta militer negara yang dulu disebut Burma itu membangun hubungan baik dengan Beijing.
Tentara Myamar (disebut Tatmadaw), baru sekali mengalami kemenangan. Yakni saat mengusir tentara Taiwan pada perang selama 1949-1961. Personil aktif hingga tahun lalu sebanyak 492 ribu orang, didukung cadangan paramiliter sebanyak 72 ribu.

Dari segi ukuran alutsista, Myanmar jelas kalah segala-galanya. Jet tempur yang mereka punyai hanya 24 unit Chengdu F-7 Airguard. Tenaga penyergap udara sebatas 30 pesawat Mig-29 peninggalan Uni Soviet.
Jika China mengerahkan angkatan udaranya saja, maka kerusakan serius akan dialami Myanmar. Jet tempur terbaru Negeri Panda adalah Chengdu J-20 Generasi Ke-5, jumlahnya nyaris 290 unit. China juga terus memodernisasi dan memodifikasi puluhan Sukhoi Su-30.

Myanmar-China Memanas Usai Jet Tempur Myanmar Tewaskan 5 Petani China
Pesawat Jet jenis baru milik china

China adalah monster politik global dibekali militer yang tidak pernah kalah selama perang setengah abad terakhir. Pada 1959, PLA berhasil.










×
Berita Terbaru Update