-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Mempawah Terima Kucuran 1.498,8 Ton Beras Bantuan Pangan CBP 2024

02 Februari 2024 | 3:47 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-02T08:47:12Z

bantuan pangan CBP  

 

MEMPAWAH NEWS – Pemerintah melalui Perum Bulog Regional Kalbar menyalurkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun 2024. Di Kabupaten Mempawah, total 1.498,8 ton beras yang akan disalurkan sepanjang Januari-Juni 2024.

 

Kepala Perum Bulog Regional Kalbar, Dedi Aprilyadi menjelaskan penyaluran bantuan pangan CBP tahun 2024 di Kalbar termasuk Kabupaten Mempawah dilakukan dalam dua tahapan.

 

“Tahap I dimulai Januari-Maret 2024. Kemudian, kita lanjutkan lagi penyaluran tahap II dimulai April-Juni 2024. Jadi, total keseluruhannya ada 6 bulan bantuan pangan CBP ini,” jelas Dedi saat menghadiri launching bantuan pangan CBP tahun 2024 di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Mempawah, Kamis 1 Februari 2024.

 

Dedi mengungkapkan, bantuan pangan CBP yang disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan berupa beras dengan ukuran 10 kg berlabel bantuan pangan dengan kualitas medium.

 

“Per bulan, kita akan mengalokasikan bantuan pangan CBP kepada masyarakat penerima bantuan di Kabupaten Mempawah sebanyak 249 ton beras. Jika dikalkulasikan selama 6 bulan maka total terdapat 1.498,8 ton beras yang akan kita salurkan sepanjang tahun 2024 (Januari-Juni),” ungkapnya.

 

Mekanisme penyaluran, lanjut Dedi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui OPD terkait mulai dari Bappeda, Dinas Sosial dan OPD terkait lainnya berkenaan dengan data penerima bantuan pangan tersebut.

 

“Selanjutnya, kita akan kembali berkoordinasi untuk menentukan waktu, jumlah, titik penyerahan hingga asal gudang pendistribusian bantuan pangan. Semuanya akan kita tentukan nanti,” urainya.

 

Lebih jauh, Dedi mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pengecekan terhadap bantuan pangan yang akan disalurkan langsung di gudang Bulog.

 

“Pemda silahkan cek kualitas beras maupun timbangannya. Jika tidak sesuai maka pasti akan kita lakukan penggantian. Pemprov Kalbar dan Pemkot Pontianak sudah melakukan pengecekan ke gudang. Jadi, silahkan saja Pemkab Mempawah juga melakukan pengecekan,” pungkasnya.

 

Launching program bantuan pangan CBP tahun 2024 di Desa Wajok Hilir dipimpin Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH dan dihadiri Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Kalbar, Kepala OPD Pemkab Mempawah, Camat Jongkat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Mempawah serta masyarakat penerima bantuan.

×
Berita Terbaru Update