-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Penting, Ini Himbauan dan Pernyataan Sikap FKUB Mempawah Jelang Pemilu 2024

13 Oktober 2023 | 7:08 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-13T00:08:56Z

H Iis Iskandar, SH


Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Menyongsong perhelatan Pemilu 2024, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mempawah menerbitkan himbauan yang ditujukan kepada seluruh pengurus rumah ibadah. FKUB berharap Pemilu 2024 berlangsung adil, jujur damai dan mendamaikan.

 

Melalui surau himbauan nomor : 10/FKUB/MPW/X/2023 tertanggal 12 Oktober 2023 itu, FKUB Kabupaten Mempawah menyampaikan lima poin himbauan dan 5 poin pernyataan sikap.

 

“Dengan memperhatikan dan mencermati dinamika kehidupan masyarakat dalam menyongsong Pemilu  2024 agar berjalan dengan baik sebagaimana harapan bersama, maka FKUB Kabupaten Mempawah menyampaikan lima sikap,” kata Ketua FKUB Kabupaten Mempawah, H Iis Iskandar, SH dalam surat edarannya, Kamis (12/10/2023).

 

Yakni, ungkap Mantan Kadis Dukcapil Kabupaten Mempawah itu, pemilu merupakan pesta demokrasi, karena itu harus dirayakan dengan riang gembira, tanpa ada tekanan dan intimidasi.

 

“KPU sebagai penyelenggara Pemilu dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu harus melaksanakan tugasnya secara jujur, adil dan transparan,” harap Iskandar.

 

Kemudian, sambung dia, Parpol sebagai peserta Pemilu harus menghindari praktik penggunaan politik identitas, politisasi agama dan modifikasi agama serta mengembangkan isu-isu negatif (isu SARA) dan politik uang yang dapat merusak tatanan kehidupan, kerukunan dan kedamaian umat beragama di Kabupaten Mempawah.

 

“Selanjutnya, kami minta aparat penegak hukum TNI-Polri harus bertindaktegas kepada siapapun yang melakukan tindakan kekerasan atas nama agama,” ujarnya.

 

“Serta, FKUB mengajak seluruh warga Kabupaten Mempawah untuk bersatu melawan berbagai bentuk kecurangan dan mewaspadai menolak dengan tegas politik identitas, politisasi agama modifikasi agama, politik uang serta pengembangan isu-isu negatif dan berita bohong,” serunya.

 

Lima Poin Pernyataan Sikap FKUB

 

Lebih jauh, Iis Iskandar mengatakan FKUB Kabupaten Mempawah juga telah merumuskan lima poin himbauan yang berkenaan dengan dengan sterilisasi tempat ibadah dari segala bentuk atribut alat kampanye baik Capres, Caleg maupun partai politik peserta Pemilu 2024.

 

“Kami menghimbau agar tempat ibadah steril dari berbagai kepentingan politik praktis baik dalam bentuk perorangan, kelompok maupun parpol,,” harapnya.

 

Selanjutnya, tambah Iis Iskandar, FKUB minta agar lingkungan tempat ibadah steril dari segala bentuk atribut alat praga kampanye Capres, Caleg dan parpol peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Mempawah.

 

“Tempat ibadah tetap dijadikan tempat berhimpunnya umat beragama secara inklusif, netral, aman, menyejukan, mendamaikan dan mempersatukan,,” pintanya.

 

FKUB juga menyerukan agar umat beragama dan semua pihak mewaspadai, menolak dengan tegas penggunaan politik identitas, politisasi agama dan modifikasi agama serta pengembangan isu-isu negatif dan informasi bohong. Termasuk menghindari keterlibatan dalam pemberian atau pembagian bingkisan yang dapat dianggap memuat kepentingan politik tertentu atau politik uang.

 

“Terakhir, FKUB mengajak umat beragama berpartisipasi penuh dengan kesadaran utuh menunaikan hak dan kewajiban dalam pemilu disertai semangat persatuan dan kesatuan gotong royong dan damai mendamaikan,” pungkasnya.


×
Berita Terbaru Update