-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Aparat Gabungan Halau Massa Unras di Kantor Bupati Mempawah

16 Oktober 2023 | 6:46 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-16T11:46:38Z

suasana simulasi unras di Halaman Kantor Bupati Mempawah

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa (unras) di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Senin (16/10/2023) pagi. Mereka tak puas dengan pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung. Aksi unras sempat memanas hingga akhirnya massa berhasil dihalau petugas gabungan.

 

Kedatangan puluhan massa unras dengan membentangkan spanduk tuntutannya disambung tim gabungan TNI/Polri. Para petugas yang dilengkapi dengan tameng juga di backup kendaraan lapis baja seperti Panser dan water canon di lokasi aksi.

 

Awalnya, suasana unras tampak kondusif dan terkendali. Bahkan, Bupati Mempawah, Hj Erlina dan Kapolres AKBP Sudarsono turun langsung kelokasi menemui massa unras untuk bernegosiasi. Bupati dan Kapolres juga minta agar massa unras bersikap tertib dan menghindari tindakan anarkis.

 

Namun, peringatan tersebut tak diindahkan oleh massa unras. Tak berselang lama massa mulai tak terkendali. Mereka melempari blokade petugas gabungan TNI/Polri. Bahkan, massa semakin beringas dengan mendorong blokade petugas. Tak pelak, suasana semakin panas dan tak terkendali.

 

Merespon situasi yang semakin tak kondusif, petugas pun melakukan tindakan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada dengan menghalau massa unras agar membubarkan diri dan tidak melakukan tindakan anarkis.

 

Aksi unras puluhan massa di Halaman Kantor Bupati Mempawah itu merupakan bagian dari rangkaian Simulasi Latihan Kesiapsiagaan Operasional yang dilaksanakan Kodam XII Tanjungpura terkait persiapan penanganan konflik sosial pada momentum Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

 

Simulasi tersebut dihadiri tim penyelenggara Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Taruna Jaya bersama para Tim Penyelenggara dari Mabes TNI. Serta turut dihadiri Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, Bupati Mempawah Hj Erlina, Dandim 1201/Mph Letkol Inf Daru Cahyo Alam, Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Mempawah dan OPD Pemkab Mempawah.

 

Sedangkan personil gabungan yang dilibatkan dalam simulasi tersebut diantaranya, prajurit Makodam XII/Tpr, Kodim 1201/Mph, Yonif Mekanis 643/Wns, Yonzipur 6/SD, Yonkav 12/BC, Pomdam XII/Tpr, Hubdam XII/Tpr, Kesdam XII/Tpr, Paldam XII/Tpr, Pendam XII/Tpr, Deninteldam XII/Tpr, Bekangdam XII/Tpr, Personel Infolahtadam XII/Tpr, Zidam XII/Tpr, Topdam XII/Tpr, Kowad Jajaran Kodam XII/Tpr, Kikav 12/BC, Brimob dan Polres Mempawah, Pol PP dan BPBD Kabupaten Mempawah.

 

Simulasi tersebut juga dilengkapi dengan kendaraan taktis Tempur Anoa Yonmek 643/Wns sebanyak dua unit, Water Cannon Polres Mempawah sebanyak satu unit, kendaraan Damkar BPBD Kabupaten Mempawah sebanyak satu unit, dan kendaraan Ambulance Kesdam XII/Tpr sebanyak dua unit.

 

Dalam amanatnya, Dirjianbang Kodiklat TNI Brigjen TNI Taruna Jaya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 12 Oktober 2023 hingga 16 Oktober 2023 yakni kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Kodam XII/Tpr berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

 

“Setelah selesainya latihan kesiapsiagaan tahun 2023 ini bukan berarti selesai juga tugas kita, namun adalah merupakan awal langkah dalam menyiapkan membuat baik secara teknik dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang sangat penting terjadi di masyarakat,” kata Brigjen TNI Taruna Jaya.

×
Berita Terbaru Update