-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Bupati Mempawah : Matematika Harus Menyenangkan, Bukan Menakutkan

01 Agustus 2023 | 8:41 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-01T01:41:37Z

Bupati saat membuka pelatihan Adiresy di Mempawah

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Peserta pelatihan ADiRESy Matematika Smart Indonesia diharapkan mampu menghadirkan pembelajaran matematika yang asik, menarik dan menyenangkan, bukan matematika yang menakutkan peserta didik.

 

Harapan itu disampaikan Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH saat membuka pelatihan ADiRESy Matematika Smart Indonesia bagi guru dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Mempawah, Senin (31/7/2023) di Gedung Mempawah Convention Center (MCC). Pelatihan diikuti 200 guru Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Mempawah.

 

Menurut Bupati, guru dituntut mampu mengelola pembelajaran dengan baik. Sebab, keberhasilan suatu pembelajaran di kelas sangat ditentukan dari pola pendekatan yang dilakukan oleh guru itu sendiri.

 

“Salah satu pendekatan yang sangat populer adalah Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM),” pendapatnya.

 

Saat ini, dikatakan Bupati, dunia pendidikan dihadapkan pada tantangan dan tuntutan yang berat. Terutama mempersiapkan anak didik yang mampu menghadapi dinamika perubahan yang berkembang pesat.

 

“Bukan hanya perubahan tatanan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan pergeseran aspek nilai dan moral dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

 

Maka, guru dituntut memiliki kemampuan untuk berubah secara profesional dalam memberdayakan peserta didik ke pola pribadi dan kompetensi yang lebih baik. Guru diminta menjadi agen perubahan yang mempengaruhi putusan inovasi terhadap peserta didik untuk meningkatkan kualitas, menghasilkan generasi yang potensial, berfikir kritis, serta bersikap dan bertindak secara demokratis.

 

“Perlu suatu pola pembelajaran yang terencana. Yakni, pembelajaran yang di desain, dilaksanakan dan di evaluasi secara sistematis agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien,” tandasnya.

 

 

Diikuti 200 Guru Matematika

 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah, El Zuratnam mengungkapkan pelatihan akan berlangsung selama 3 hari dimulai 31 Juli-2 Agustus di Gedung MMC.

 

“Total peserta sebanyak 200 orang. Terdiri dari 188 guru SD negeri dan swasta, 6 guru penggerak SD dan 6 OGN SD mapel matematika,” bebernya.

 

Kadis menjelaskan, pelatihan ADiRESy Matematika Smart Indonesia ditujukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pendidik yang merupakan komitmen pemerintah daerah dalam membangun SDM bidang pendidikan.

 

“Tujuan lainnya memberikan pengalaman pelatihan matematika dan dapat mengetahui cara mengajar dengan metode smart teaching, serta memotivasi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan,” pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update