-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Karhutla : Ratusan Hektare Lahan di Mempawah Terbakar

22 Februari 2023 | 6:02 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-21T23:02:16Z

 

petugas memadamkan salah satu titik api di Kabupaten Mempawah

Penulis : Herry Ardiansyah

 

MEMPAWAH NEWS – Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali mengancam hutan di Kabupaten Mempawah. Per Selasa (21/2/2023), lebih dari 100 hektare lahan dilaporkan terbakar di dua lokasi yakni Desa Pasir dan Desa Bakau Besar Darat.

 

Sumber BPBD Mempawah mengungkapkan dua lokasi karhutla tersebut berada di Dusun Suap, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir dan Dusun Parit Kurus, Desa Bakau Besar Darat, Kecamatan Sungai Pinyuh.

 

Di Desa Pasir, luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 136,84 hektare. Jumlah  tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah seiring situasi karhutla yang semakin meluas. Sedangkan di Dusun Parit Kurus, dilaporkan 1,9 hektare lahan perkebunan budidaya buah nenas terbakar.

 

Dalam upaya penanggulangannya, petugas gabuangan dari BPBD, Manggala Agni, TNI/Polri hingga pemadam kebakaran (damkar) swasta berjibaku menerobos hutan untuk memadamkan si jago merah.

 

Namun, upaya memadamkan karhutla menemukan sejumlah kendala. Salah satunya, faktor cuaca angin kencang dan panas menyebabkan sebaran api semakin cepat dan merambah ke kawasan hutan di sekitarnya.

 

Kendala lain yang ditemukan petugas yakni lokasi titik api yang jauh ke dalam hutan sehingga sulit dijangkau menggunakan peralatan yang ada. Disamping itu minimnya sumber air juga menghambat upaya petugas memadamkan titik api.

 

 

×
Berita Terbaru Update