-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Mempawah

09 Agustus 2022 | 10:42 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-09T03:43:17Z
Presiden Jokowi resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak/foto : Sekretaris Negara 

MEMPAWAH NEWS – Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (9/8/2022) sekitar pukul 09.45 WIB. Peresmian ditandai dengan pendorongan tuas kapal dan penandatanganan prasasti.

 

Dengan menggunakan helikopter, Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana beserta rombongan tiba di Terminal Kijing Mempawah. Selanjutnya, Presiden beserta tamu undangan menuju ke dermaga untuk melangsungkan peresmian pelabuhan yang menelan anggaran negara seitar Rp 2,9 triliun itu.

 

“Alhamdulillah, pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang dimulai sejak 2016 lalu telah rampung sehingga dapat diresmikan,” kata Jokowi saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang disiarkan langsung melalui saluran youtube Sekretariat Presiden.

 

Menurut Presiden, keberadaan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak akan memperkuat daya saing produk unggulan yang dihasilkan Provinsi Kalimantan Barat.

 

“Karena disini (Kalbar) memiliki kekuatan besar potensi CPO, alumina, bauksit dan produk unggulan lainnya,” papar Jokowi.

 

Disamping potensi alam yang besar, Presiden menyebut Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang terletak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah itu merupakan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

 

“Kapasitas Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak mencapai 500 ribu TEU’s dan 8 juta non peti kemas. Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan,” tegasnya.

 

Usai menyampaikan sambutan singkat, Presiden Jokowi mendorong tuas kapal dan menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak.

 

Peresmian turut disaksikan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Komisi V beserta Anggotanya, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Forkopimda Kalbar, Direktur dan Komisaris BUMN, Bupati  beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kalbar.

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update