-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Ratusan Warga Segedong-Jongkat Unjuk Rasa ke PT MSL

24 Juni 2022 | 7:39 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-24T12:39:01Z
ratusan massa menggelar aksi unjuk rasa di PT MSL/foto : istimewa

MEMPAWAH NEWS – Ratusan petani dan warga pemilik lahan di Kecamatan Segedong dan Jongkat menggelar aksi unjuk rasa di PT Muara Sungai Landak (MSL) di Desa Wajok Hilir, Jumat (24/6/2022) sekitar pukul 14.40 WIB. Mereka kecewa lantaran perusahaan tak pernah menepati janji untuk memberikan konpensasi.

 

Menggunakan kendaraan roda empat dan dua, ratusan massa bergerak menuju ke Kantor PT MSL. Mereka membawa sejumlah atribut yang berisikan ungkapan kekecewaan terhadap PT MSL. Ratusan massa tersebut berasal dari Kelompok Tani Hutan Rakyat dan masyarakat pemilik lahan di tiga desa yakni Peniti Dalam I dan Peniti Dalam II, serta Desa Jungkat.

 

Kedatangan ratusan massa diterima oleh perwakilan PT MSL dengan pengamanan ketat petugas dari Polres Mempawah, Polsek dan Koramil Jongkat. Ada sejumlah tuntutan yang disampaikan massa dalam aksi unjuk rasa tersebut.

 

Yakni, penataan batasan areal kerja lahan kepemilikan masyarakat. Kemudian, mendesak PT MSL menyelesaikan konflik sengketa penguasaan dan penggunaan serta pemanfaatan lahan masyarakat untuk budidaya tanaman pangan dalam kawasan hutan, antara masyarakat Desa Peniti Dalam dengan PT MSL.

 

Selanjutnya, massa mendesak agar diterapkan langkah hukum agraria, hukum lingkungan hidup dan kehutanan dalam menyelesaikan konflik sengketa agraria dalam kawasan hutan.

 

Tuntutan lainnya, mengalokasikan sumber daya hutan atau lahan dalam kawasan hutan untuk dikelola oleh masyarakat, serta penataan penguasaan kepemilikan hutan atau lahan pertanian dalam kawasan hutan sebagai objek reforma agraria.

 

Menanggapi tuntutan tersebut, Kasi Koordinator Perlengkapan PT MSL Samosir memastikan akan menindaklanjuti tuntutan petani dan masyarakat pemilik lahan. Yakni dengan menyampaikan tuntutan tersebut kepada Pimpinan PT MSL.

 

“Secepatnya tuntutan ini akan kami sampaikan kepada pimpinan perusahaan. Namun, kami minta waktu untuk menindaklanjutinya. Jika sudah ada arahan dari atasan, pasti akan kami sampaikan kepada masyarakat,” janjinya.

 

Aksi unjuk rasa ratusan massa di PT MSL berlangsung aman dan kondusif. Usai menyampaikan tuntutannya, massa meninggalkan lokasi dan kembali ke rumahnya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

×
Berita Terbaru Update