-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Landak Diguncang Gempa Bumi Tektonik

12 Juli 2021 | 8:30 AM WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-12T01:38:26Z
peta deteksi gempa bumi di Kalbar

MEMPAWAH NEWS – BMKG Kalimantan Barat merilis informasi terjadinya gempa tektonik di Desa Mandor Kiru, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Senin (12/7/2021) pagi melalui laman media sosial Info BMKG Kalbar.

 

Dalam rilisnya, BMKG mendeteksi gempa tektonik terjadi pada Minggu (11/7/2021) pukul 20.51 WITA atau 19.51 WIB dengan kekuatan M=3.0. Episenter gempa bumi terletak di 0.28 LU dan 109.87 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 71.4 km Tenggara Pontianak dengan kedalaman 10 KM. BMKG memastikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

“Memperhatikan lokasi episenter, dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan jenis dangkal yang diakibatkan oleh sesar 

Lokal,” bunyi rilis BMKG Kalbar.

 

Guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh masyarakat yang berada di Desa Mandor Kiru, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, saat ini belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

 

Terkait hal itu, BMKG menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan seputar gempa bumi tektonik di Kabupaten Landak.

 

“Masyarakat diingatkan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat guncangan gempa bumi. Kemudian, masyarakat juga disarankan memeriksa kondisi bangunan dirumahnya masing-masing,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah

 

 

×
Berita Terbaru Update