-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Warga Mempawah Antusias Rayakan Robo-Robo Ditengah Pandemi Covid-19

14 Oktober 2020 | 8:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2020-10-14T01:01:37Z
Masyarakat Mempawah menggelar doa bersama dan saprahan dilingkungannya


MEMPAWAH NEWS – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat masyarakat Kabupaten Mempawah untuk merayakan ritual adat robo-robo, Rabu (13/10/2020) pagi. Diberbagai lingkungan, masyarakat menggelar doa bersama dan makan saprahan.

 

Seperti yang dilaksanakan masyarakat Jalan Baburahman RT 13/RW 07, Desa Pasir Panjang, Kelurahan Pasir Wan Salim. Sejak pagi hari, puluhan warga berkumpul untuk merayakan robo-robo. Mereka membawa bekal makanan, kue dan minuman untuk makan saprahan.

 

Ritual adat robo-robo yang dilaksanakan pada Rabu terakhir di bulan Safar tahun hijriyah itu diisi dengan pembacaan doa tolak bala. Tujuannya, untuk memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala agar dijauhkan dari segala macam bencana dan musibah.

 

“Alhamdulillah, masyarakat tetap semangat dan antusias untuk merayakan robo-robo walaupun saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19. Apapun kondisinya, masyarakat tetap mempertahankan adat budaya,” tegas Pemuka Agama, Ustaz Muhardi.

 

Menurut Muhardi, perayaan robo-robo merupakan bentuk pelestarian adat budaya di Kabupaten Mempawah untuk mengenang napak tilas kedatangan Raja Mempawah, Opu Daeng Menambon dan rombongannya.

 

“Robo-robo sangat kental dengan nilai adat, budaya dan religius. Karena itu, perayaan robo-robo sangat kuat dan mengakar dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Mempawah,” pendapatnya.

 

Lebih dari itu, sambung dia, perayaan robo-robo menjadi momentum meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan di masyarakat. Yakni dengan berkumpul dan makan saprahan. Sehingga terjalin kekompakan dan persaudaraan yang kuat antar masyarakat.

 

“Selain membaca doa bersama, makan saprahan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Makanya, terkadang masyarakat Mempawah yang berada di perantauan atau luar daerah berusaha bisa pulang ke Mempawah pada momentum robo-robo ini,” tukasnya.

 

 

Penulis : Herry

Grafis : Syahrie

 

×
Berita Terbaru Update