-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


TNI-Polri Kawal Penerapan Protap Kesehatan di Lokasi Wisata

24 Juni 2020 | 9:23 AM WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-24T02:23:28Z
TNI-Polri Kawal Penerapan Protap Kesehatan di Lokasi Wisata
Lokasi wisata Mempawah Mangrove Park 

MEMPAWAH NEWS- Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memperbolehkan dibukanya lokasi wisata alam yang berada di zona hijau dan kuning. Dengan syarat, pengelola dan pengunjung wajib menerapkan Protap Kesehatan Covid-19.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, MH melalui Paur Humas, Ipda Lidwina mengutip pernyataan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, menegaskan TNI-Polri siap mengawal penerapan protap kesehatan Covid-19 di tempat wisata di wilayah hukumnya. 

“TNI-Polri akan membantu pemerintah dalam mengatur dan mengedukasi masyarakat yang akan berkunjung di lokasi wisata dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19," tegas Lidwina, Selasa (23/6/2020).

Lidwina, mengungkapkan, jenis objek wisata alam yang diperbolehkan untuk dibuka secara bertahap antara lain, kawasan wisata bahari, kawasan konservasi air, kawasan wisata petualangan, kawasan taman nasional, kawasan taman wisata alam. 

“Kemudian kawasan hutan raya, suaka margasatwa, geopark, pariwisata alam non kawasan konservasi, kebun raya, kebun binatang, taman safari, desa wisata dan kawasan wisata alam yang dikelola masyarakat,” paparnya. 

Menurut Lidwina, kehadiran TNI-Polri bukan semata-mata untuk penegakan hukum. Melainkan, untuk melakukan pendekatan humanis dan persuasif agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protap kesehatan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

" TNI-Polri akan mengedepankan cara-cara persuasif dan humanis kepada masyarakat. Intinya, kami akan memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu disiplin dalam hal standar protokol kesehatan saat berada di tempat wisata,” tegasnya. 

Dilain pihak, Pemerintah Kabupaten Mempawah sedang mempersiapkan tahapan menuju kenormalan baru di sektor pariwisata. Sosialisasi semakin gencar disampaikan kepada masyarakat agar lebih maksimal dalam menerapkan aturan kenormalan baru

“Pada beberapa lokasi objek wisata, kami menyarankan agar mempersiapkan protap kesehatan Covid-19. Seperti imbauan wajib masker bagi pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak dan lainnya,” sebut Kepala Bidang Pariwisata, Raja Fajar Azansyah di ruang kerjanya.

Kemudian, lanjut Fajar, para pengelola diminta untuk memasang baliho dan banner berisikan imbauan protap kesehatan Covid-19 di lokasi-lokasi strategis ditempat wisatanya masing-masing.
“Petugas pun harus aktif mengingatkan pengunjung untuk memakai masker, menjaga jarak dan tidak bersentuhan. Walau kenyataannya sangat sulit menerapkan aturan jaga jarak saat berada di lokasi wisata,” pendapatnya.

Untuk itu, dia minta agar pengelola tempat wisata senantiasa memberikan peringatan kepada masyarakat pengunjung supaya disiplin dan patuh terhadap ketentuan yang ada. Agar, penerapan kenormalan baru dapat dijalankan dengan baik.

“Setelah kami lihat dilapangan, pada prinsipnya para pengunjung selalu membawa masker saat berada ditempati wisata. Namun, kadang masker tersebut tidak dipakai. Makanya, kita minta pengelola selalu memberikan peringatan supaya pengunjung disiplin memakai masker,” sarannya.


Penulis : Herry
Layout : Syahrie


×
Berita Terbaru Update