-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Pilkades Jungkat Terapkan Protap Covid-19, Begini Tata Caranya

07 Juni 2020 | 4:25 PM WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-07T09:25:48Z
Pilkades Jungkat Terapkan Protap Covid-19, Begini Tata Caranya
Petugas sedang mendistribusikan alat E-Voting ke 20 TPS di Desa Jungkat 

MEMPAWAH NEWS- Besok, Senin (08/06/2020) akan menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Desa Jungkat, Kecamatan Jongkat. Sebab, Pemerintah Kabupaten Mempawah akan melaksanakan Pilkades E-Votting untuk menentukan Kepala Desa (Kades) Jungkat. Dalam pelaksanaannya, Pilkades akan menerapkan protap kesehatan Covid-19.

“Secara keseluruhan, persiapan pelaksanaan Pilkades E-Voting di Desa Jungkat berjalan lancar. Saat ini, peralatan E-Voting sudah dikirim ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS). Total ada 20 TPS,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinsos PPPAPM-Pemdes Kabupaten Mempawah, Feri Ramadhani, Minggu (07/06/2020) sore di Mempawah.

Feri menerangkan, Pilkades Jungkat diikuti 5 calon kepala desa (Cakades) yakni Muchlis, Ramlan, Sarengan, Yusbandi dan Muhammad Ely. Proses pemungutan suara dimulai sejak pukul 08.00-14.00 WIB.

“Setelah itu, tahapannya dilanjutkan dengan perhitungan suara dan rekapitulasi penghitungan, serta penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilkades E-Voting Desa Jungkat,” paparnya.

Lebih jauh, Feri memastikan pelaksanaan Pilkades Jungkat akan menerapkan protap kesehatan Covid-19. Pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Jongkat akan melaksanakan rangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh masyarakat pemilih di tiap TPS.

“Protap Covid-19 tetap kita laksanakan. Hari ini, seluruh TPS sudah dilakukan penyemprotan desinfektan. Kita ingin pastikan seluruh TPS steril hingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya,” sebut Feri.

Kemudian, lanjut Feri, masyarakat pemilih diwajibkan memakai masker saat berada di TPS. Bahkan, petugas juga menyiapkan masker cadangan untuk mengantisipasi masyarakat pemilih yang tidak memakai masker.

“Jika ada masyarakat yang belum memakai masker, nanti akan diberikan oleh petugas TPS. Khusus untuk petugas, juga akan dilengkapi dengan alat perlindungan diri berupa masker dan sarung tangan,” tuturnya.

Kemudian, tambah Feri, setiap TPS telah disiapkan tempat cuci tangan. Sehingga, masyarakat diharuskan mencuci tangan sebelum masuk ke TPS. Tak hanya itu, masyarakat pemilih juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan diingatkan untuk menjaga jarak.

“Tiap TPS akan ditempatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Jongkat untuk menjalankan protap kesehatan Covid-19. Kami ingin memastikan seluruh masyarakat pemilih Pilkades Jungkat dalam kondisi sehat,” pungkasnya.


Penulis : Herry
Layout : Syahrie

×
Berita Terbaru Update