-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Lantik 30 Kades Terpilih, Ini Pesan Bupati Mempawah

30 Juni 2020 | 11:53 AM WIB | 0 Views Last Updated 2020-07-01T00:39:53Z
foto bersama Bupati, Forkopimda dan Kades

MEMPAWAH NEWS- Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, resmi melantik 30 Kepala Desa (Kades) Terpilih hasil Pemungutan Suara E-Voting tahun 2020, Selasa (30/06/2020) di Halaman Kantor Bupati Mempawah. Pelantikan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 itu berjalan tertib, aman dan lancar.

Dalam sambutannya, Erlina berpesan kepada Kades agar dapat melaksanakan amanah dan tanggungjawabnya. Karena, Kades Terpilih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin desa.

“Kades harus selalu dekat dengan masyarakat. Tidak boleh membeda-bedakan, suku, agama atau kelompok tertentu. Tidak boleh mengkotak-kotak kan masyarakat pendukung atau bukan pendukung. Semuanya harus dilayani dengan maksimal,” pesan Erlina.

Kades , sambung Erlina, dituntut mampu merangkul dan mengayomi masyarakatnya. Hilangkan kepentingan kelompok agar tercipta harmonisasi dan membangun kepercayaan masyarakat desa atas kepemimpinan Kades Terpilih.

“Dengarkan aspirasi seluruh komponen masyarakat desa. Serap kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaiki kinerja dan pelayanan masyarakat desa,” tambahnya.

Lebih dari itu, Bupati menghendaki agar Kades meningkatkan ilmu dan pengetahuannya. Terutama menyangkut tugas, fungsi, kedudukan dan peran Kades dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saat ini, pemerintah pusat membuat kebijakan penanganan cepat Covid-19 dalam bentuk penyaluran BLT-DD. Saya ingatkan agar penyaluran Bansos ini harus mengacu pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Hindari praktek penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang,” tegas Erlina.

Masih dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan agar Kades segera menyelesaikan penyusunan dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa atau (RPJMDes) untuk 6 tahun kedepan. Penyusunan ini paling lambat harus dirampungkan dalam waktu tuga bulan sejak pelantikan.

“Saya minta Kades harus dapat bekerjasama dengan BPD. Saling bersinergi dalam merumuskan kebijakan strategis yang memberikan dampak positif terhadap pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” pungkasnya.

Pelantikan 30 Kades Terpilih se-Kabupaten Mempawah disaksikan Wakil Bupati Mempawah, Ketua DPRD dan Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Sekda beserta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.


Penulis : Herry
Grafis : Syahrie


×
Berita Terbaru Update