-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Bupati Mempawah Izinkan Naik Dango, Tapi Ada Syaratnya

18 Juni 2020 | 10:34 AM WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-18T03:34:52Z
Bupati Mempawah Izinkan Naik Dango, Tapi Ada Syaratnya
Bupati, Hj Erlina saat menerima Pengurus DAD Mempawah

MEMPAWAH NEWS- Pandemi Covid-19 menyebabkan jadwal Naik Dango 2020 di Kabupaten Mempawah molor. Rencananya, Naik Dango baru akan dilaksanakan pada Juli nanti. Terkait persiapan itu, Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) menemui Bupati Mempawah, Rabu (18/06/2020) di ruang kerja Bupati Mempawah.

“Tadi (kemarin), saya menerima rombongan dari DAD Kabupaten Mempawah. Mereka menyampaikan tentang rencana pelaksanaan Naik Dango 2020 yang akan dilaksanakan pada Juli nanti,” tutur Erlina kepada awak media.

Dalam pertemuan itu, lanjut Erlina, Pengurus DAD Kabupaten Mempawah meminta izin dan restu dari pemerintah daerah untuk kelancaran penyelenggaraan kegiatan Naik Dango tersebut.

“Kita membolehkan dan merestui kegiatan Naik Dango di Kabupaten Mempawah. Tapi ada syarat yang harus dipenuhi. Yakni panitia harus membicarakan persoalan ini dengan Pengurus DAD Provinsi dan mendapatkan izin dari Gubernur serta Polda Kalbar,” ungkap Erlina.

Menurut Erlina, izin dari seluruh pihak terkait terutama Gubernur, Polda Kalbar dan Pengurus DAD Provinsi Kalbar sangat penting dalam kondisi pandemi Covid-19. Agar, pelaksanaan kegiatan Naik Dango 2020 di Kabupaten Mempawah berjalan sukses, tertib, aman dan kondusif.

“Kalau pun kegiatan ini bisa dilaksanakan, kita arahkan agar konsepnya diubah dari tahun-tahun biasanya. Misalnya dari sisi keramaian, hendaknya tidak terlalu banyak diikuti peserta. Artinya dilakukan pembatasan peserta Naik Dango 2020,” sebutnya.

Kemudian, imbuh Erlina, Naik Dango 2020 lebih difokuskan pada kegiatan sakral yang merupakan inti dari penyelenggaraannya. Dan yang terpenting tidak mengurangi dari nilai-nilai adat budaya masyarakat Dayak di Kabupaten Mempawah.

“Saat ini kita masih melakukan pembatasan kegiatan yang bersifat keramaian. Mengingat, kita masih melakukan persiapan untuk menghadapi fase kenormalan baru Covid-19 di Kabupaten Mempawah,” tutupnya.


Penulis : Herry
Layout : Syahrie

×
Berita Terbaru Update