-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Waspada || kebakaran Hutan di Moton desa Antibar

16 Agustus 2016 | 5:25 PM WIB | 0 Views Last Updated 2016-08-20T01:18:59Z



Waspada || kebakaran Hutan di Moton desa Antibar

MEMPAWAH- Pemerintah Kabupaten Mempawah dan jajaranya mesti meningkatkan pengawasan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Akhir pekan lalu, sebuah lahan kosong di Dusun Moton Asam, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur terbakar. Beruntung, berkat kesigapan petugas hingga titik api bisa dipadamkan.

“Kami tidak main-main dalam upaya pencegahan karhutla di wilayah hukum Polres Mempawah. Setiap ada laporan yang masuk tentang karhutla diwilayah ini, akan kami respon dengan cepat bersama jajaran petugas lainnya. Seperti Kodim maupun Badan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Daerah (BLHPBD),” terang Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik.

Menurut Kapolres, penanganan karhutla tidak semata-mata aksi memadamkan titik api. Lebih dari itu, hal penting yakni memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak negative membakar lahan dengan cara dibakar. Jika pemahaman itu sudah tertanam dengan baik, maka semakin meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membakar lahan.





“Keterlibatan Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan larangan membakar hutan dan lahan sangat penting. Agar, tingkat pemahaman masyarakat semakin membaik nantinya. Kami pun senantiasa menghimbau masyarakat agar pro aktif melaporkan jika menemukan potensi karhutla dilingkungannya,” seru Kapolres.

Sementara itu, Dandim 1201/Mph, Win Nindar mengatakan pihaknya melakukan langkah antisipasi pencegahan karhutla dengan menyiagakan ratusan personil TNI. Meski titik api saat ini belum muncul di Kabupaten Mempawah, namun satgas karhutla tidak boleh lengah. 

“Sekecil apapun kemunculan titik api di lahan kosong maupun hutan akan segera kita padamkan agar tak semakin meluas. Kami meminta masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan dari karhutla, karena ini merupakan tugas kita bersama,” pendapatnya.(Mnews)
×
Berita Terbaru Update