-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Prajurit Yonzipur 6/SD Hadiri Penutupan Ritual Adat Balala’ Nagari

28 Mei 2021 | 11:30 AM WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-28T04:30:39Z
prajurit Yonzipur menghadiri penutupan ritual adat balala' nagari

MEMPAWAH NEWS – Sebagai bentuk dukungan dan penghormatannya terhadap penyelenggaraan ritual adat masyarakat suku Dayak, Prajurit Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur)  6/SD menghadiri penutupan ritual adat Balala’ Nagari di Desa Anjungan Melancar, Kecamatan Anjongan, Kamis (27/05/2021) sore.

 

Sejumlah prajurit yang menyaksikan ritual adat tersebut dipimpin oleh Letnan Dua Czi Arjuna Ahmad Azizan. Arjuna memberikan apresiasi dan menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan ritual tahunan masyarakat suku Dayak di Kabupaten Mempawah itu.

 

“Yonzipur 6/SD mendukung penuh kegiatan adat Balala’ di Kabupaten Mempawah umumnya dan Kecamatan Anjongan khususnya. Karena, ritual adat ini memiliki nilai-nilai religi sekaligus mendukung langkah pemerintah daerah penanggulangan pandemi Covid-19,” pendapat Arjuna.

 

Karena itu, Arjuna memastikan keluarga besar Yonzipur 6/SD turut berparitipasi aktif selama berlangsungnya ritual adat balala’ nagari. Yakni dengan mengurangi aktivitas di dalam maupun diluar lingkungan Yonzipur 6/SD dimulai sejak Rabu (26/05/2021) sore.

 

“Selama adat balala’ berlangsung, seluruh prajurit mengikuti arahan dari Ketua Adat Masyarakat Dayak untuk mengurangi aktivitas diluar rumah. Inilah bentuk dukungan dan penghargaan kami terhadap adat budaya masyarakat suku Dayak di Kabupaten Mempawah dan sekitarnya,” tegas dia.

 

Kedepan, dia berharap kegiatan-kegiatan adat budaya yang memiliki nilai-nilai religi dan positif patut dilestarikan dengan baik. Agar, adat budaya masyarakat tidak hilang tergerus perkembangan zaman yang cenderung dipengaruhi budaya barat.

 

“Generasi muda harus mengenal jati diri leluhurnya. Agar, para pemuda-pemudi tidak kehilangan identitasnya. Mudah-mudahan kedepan, kegiatan adat istiadat seperti ini dapat terus dilaksanakan dan dilestarikan turun temurun,” harapnya mengakhiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Herry Ardiansyah/Khairani

 

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update