-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


Puluhan Anak Ikut Sunatan Masal

20 April 2015 | 9:36 AM WIB | 0 Views Last Updated 2015-04-20T02:36:51Z

Puluhan Anak Ikut Sunatan Masal, sunatan massal, mempawah, news, fakultas kedokteran, untan, tanjung pura

Mempawah News-Sebanyak 30 anak mengikuti sunatan masal yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Sabtu (18/4) pagi di Kantor Balai Desa Sungai Bakau Besar Darat, Kecamatan Sungai Pinyuh. Selain sunatan, juga digelar kegiatan kesehatan lainnya.
 
“Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang telah kami laksanakan sejak tahun 2008 lalu. Kegiatannya kita lakukan secara bergiliran di setiap kabupaten di Kalbar. Kali ini dilaksanakan di Kabupaten Mempawah tepatnya di Desa Sungai Bakau Besar Darat,” kata Ketua Panitia, Egy Seftiansyah.

Egy menyebut, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tidak hanya dalam bentuk sunatan masal. Melainkan juga kegiatan kesehatan lainnya seperti, penyuluhan kesehatan, pengobatan gratis, senam sehat dan pembagian alat gosok gigi. Semua kegiatan itu ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Semua pihak dilibatkan baik dari panitia FK itu sendiri, Dinas Kesehatan Mempawah, Dinas Kesehatan Provinsi  Kalbar, Puskesmas Sungai Pinyuh, aparatur Desa, tim medis, dokter, farmasi dan lainnya. Kita libatkan semua pihak agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” terangnya.

Dilain pihak, Kepala Desa (Kades) Sungai Bakau Besar Darat, Ambo Dale menyambut baik kegiatan sosial yang dilaksanakan mahasiswa FK Untan dilingkungan masyarakatnya. Dia menyebut kegiatan seperti itu sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

“Terutama bagi masyarakat kurang mampu yang ingin mengkhitan anaknya. Dengan adanya sunatan masal ini, mereka tidak perlu pusing memikirkan masalah biaya. Begitu pula dengan kegiatan kesehatan lainnya, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dan ilmu tentang kesehatan secara gratis,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya berharap pelayanan kesehatan serupa dapat lebih sering dilaksanakan di lingkungan masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal diwilayah terpencil dan jauh dari akses pelayanan kesehatan.

“Melalui kegiatan ini, maka memberikan dampak yang positif untuk masyarakat dan mahasiswa itu sendiri. Masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan mahasiswa juga mendapatkan pengalaman praktek kesehatan di masyarakat,” pendapatnya.

Masyarakat menyambut positif kegiatan kesehatan yang dilaksanakan FK Untan Pontianak tersebut. Mengingat, pelayanan kesehatan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Apalagi masyarakat kurang mampu dan jauh dari akses perkotaan.

“Pelayanan kesehatan itu sangat mahal. Makanya dengan adanya pelayanan kesehatan gratis ini, masyarakat sangat senang dan merasa terbantu. Bisa mendapatkan pelayanan dan obat secara gratis dari dokter,” ucap Iman.(MNews)
×
Berita Terbaru Update